22 Oleh-oleh Khas Makassar, Mulai Kuliner Hingga Cinderamata

Oleh - Oleh Khas Makassar. Traveling ke sebuah tempat tentunya kurang lengkap jika tanpa oleh-oleh khas. Apalagi kebiasaan orang Indonesia selalu membawa oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga tercinta. 

Menjadi jujukan wisatawan domestik dan mancanegara, Makassar memiliki banyak outlet pusat oleh-oleh yang tersebar di beberapa bagian sudut kota. Bagi kamu yang berwisata di Makassar, harusnya jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Makassar, karena banyak kuliner lezat dan berbagai cinderamata unik yang bisa ditemukan di Kota Daeng ini.

Sebagai tujuan wisata, tidak heran bila Makassar mempunyai segudang oleh-oleh yang biasa diburu para wisatawan. Pusat penjualan oleh-oleh di kota Makassar ada di sepanjang Jl. Somba Opu, di seberang jalan pantai losari. Di area tersebut banyak berjajar pusat oleh-oleh. Oleh-oleh khas Makassar tidak sedikit, tetapi kamu bisa memilihnya guys!

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Makassar :

1.Baruasa

baruasa


Mencari oleh-oleh khas Makassar yang murah meriah dan nikmat di lidah?, barusa bisa menjadi salah satu solusinya. Barusa merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, telur dan kelapa parut kering. 

Barusa menjadi salah satu kue tradisional khas daerah Bugis Makassar yang banyak dijumpai di banyak sudut kota Makassar hingga pusat oleh-oleh.

Kue ini bentuknya bulat dengan rasa yang gurih. Kue barusa biasanya disajikan berpasangan dengan teh hangat dan kerap dimakan bersama keluarga saat pagi hari. Selain itu oleh-oleh khas Makassar ini juga disajikan dalam acara-acara penting seperti pernikahan. Jangan lupa membeli kue satu ini guys!

2. Bannang-bannang

bannang-bannang

Nama kue ini pasti terdengar asing dan aneh bagi kamu yang tidak pernah berkunjung ke Makassar. Bannang-bannang bisa diartikan juga dengan benang-benang, seperti bentuknya yang menyerupai benang kusut dilipat-lipat. Hingga sekarang, oleh-oleh khas Makassar ono masih diproduksi secara tradisional, meski beberapa sudah menggunakan mesin modern. 

Makanan ringan yang mirip benang dianyam ini memiliki rasa manis dari gula aren, memberi lambang ikatan yang erat. Sehingga makanan trasidional Makassar ini sering dipakai untuk upacara pernikahan di Kota Makassar.

3. Dangke

dangke

Dangke merupakan makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi susu kerbau dan hanya ada di Enrekang yang terkenal sebagai penghasil kambing Etawa. Teksturnya mirip tahu dengan rasa keju. Proses pembuatannya juga tidak semudah kelihatannya guys

Pembuatannya dimulai dengan merebus susu lalu diberi getah pepaya. Setelah dingin dan menjadi padatan, ditaruh ke dalam wadah kecil. Untuk mengolah biasanya dangke dibakar, ditumis, dibuat kerupuk atau dinikmati dengan beras ketan yang disebut pulu mandoti. 

Jika ingin membawa dangke sebagai oleh-oleh, sebaiknya pastikan tidak terlalu lama di perjalanan, karena makanan ini tidak bisa tahan lama. Solusinya bisa dimakan sambil menunggu jadwal pemberangkatan untuk pulang, hehe.

4. Kue Tori / Beppa Tori

kue tori

Masih seputar tentang kue, Beppa Tori adalah kue dari Toraja berbahan dasar tepung terigu dan gula merah. Kalau di Jawa kue seperti ini disebut  kue cucur. Meski bentuknya sederhana, kue ini memiliki rasa khas dan manis, sehingga cocok untuk hidangan santai sebagai cemilan di rumah. 

Kue ini cukup populer di kalangan wisatawan saat membeli oleh-oleh dan sering dijuluki churros ala Toraja karena bentuk dan penyajiannya yang mirip. Tak hanya di Toraja, kamu juga bisa membeli kue khas ini di Makassar. Coba deh bawa pulang kue cucur ala Makassar ini yang pastinya ada khas'nya tersendiri. 

5. Kacang Sembunyi

kacang sembunyi

Nama yang terdengar unik membuat oleh-oleh khas Makassar ini cukup populer di setiap pusat oleh-oleh. Kacang sembunyi merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah yang luarnya dibalut tepung dan diselimuti karamel manis. Jadi, kacang'nya memang sembunyi di dalam dengan bentuk luar seperti molen mini.

Cemilan unik sekaligus oleh-oleh khas Makassar banyak dijual di sepanjang Pantai Losai, sekolah dasar maupun pusat oleh-oleh yang tersebar di Makassar. Tak sulit menemukannya dan kamu bisa dengan menemukan kacang yang sembunyi ini. 

6. Kacang Disko

kacang disko

Satunya sembunyi, satunya disko. Itulah serunya belanja oleh-oleh Makassar yang memiliki nama unik. Kacang disko tidak hanya ada di Bali, tetapi Makassar juga punya. Cemilan berbentuk bulat seperti bola disko ini memiliki rasa yang gurih, kriuk dan enak. Sehingga digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Kacang disko ini juga memiliki varian rasa, seperti original dan rasa rempah lainnya. Tak hanya cocok untuk oleh-oleh, kacang disko ini selalu menjadi primadona menjelang hari lebaran. Kapan lagi membawa primadona khas Makassar ini pulang kampung?

7. Mantao Pare

mantao pare

Kembali ke septar kue lagi guys, ada Mantao Pare. Mantao adalah sejenis roti yang mirip bakpao dengan bentul bulat berwarna putih. Selain bisa dimakan langsung, mantao ini juga bisa dikukus atau digoreng, terserah kamu sukanya yang mana. 

Layaknya bakpao, mantao juga memiliki varian rasa seperti mantao isi coklat, isi daging, rasa pandang dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa berkreasi lagi dengan menambahkan toping apapun yang kamu suka agar sajian mantao pare'mu semakin lezat.

Oleh-oleh khas Makassar ini bisa disajikan dalam keadaan apapun, dengan aneka sajian yang bisa kamu coba dengan masing-masing rasa yang tentunya berbeda.

8. Kue Kurma

kue kurma

Jangan tertipu dengan nama, karena Kue Kurma tidak ada kurmanya. Makanan khas Makassar ini terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena yang kemudian dibalut karamel dan potongan kacang, sehingga bentuknya menyerupai kurma.

Kue berbentuk mirip kurma ini memiliki rasa manis dan gurih, cocok untuk pecinta cemilan dan siapapun yang suka jajan. Oleh-oleh khas Makassar ini banyak diburu wisatawan. Jadi, jangan ketinggalan membawa kue kurma turut serta ya!

9. Bagea

bagea

Masih seputar kue, ada Bagea dari Makassar. Bagea adalah kue yang berbahan dasar sagu dengan tekstur keras. Biasanya kue ini dihidangkan bersama dengan Teh, dimakan dengan dicelupkan lebih dahulu pada teh. 

Jadi kalau kamu ingin memberi oleh-oleh khas Makassar kepada nenek kakek, sebaiknya kue yang lain guys. Tekstur yang keras pada kue Bagea ini lebih banyak digemari dan populer di kalangan anak muda ketimbang orang tua atau lansia. 

10. Coto Makassar Instant

coto makassar instant

Sekarang coto Makassar ada instannya!. Sekarang, kamu tidak perlu balik jauh-jauh ke Makassar jika ingin menikmati kelezatannya di rumah, yang penting kamu sudah membeli coto Makassar instant - oleh-oleh yang menjadi lebih pengertian.  Coto Makassar Instant merupakan inovasi baru dalam kuliner khas Makassar yang perlu kamu coba.

Rasa Coto Makassar memang sudah terkenal dimana-mana dan dengan adanya  Coto Makassar Instant, kamu bisa membawanya saat berpergian. Harga yang terjangkau sekitar Rp. 135.000 per kemasan, kamu sudah bisa membuat hingga 5 porsi coto Makassar lengkap dengan daging sapi pilihan yang siap membawa imajinasimu ke Makassar lagi. 

11. Abon Raos

abon raos

ecinta abon, jangan lupakan abon bernama unik yang ada di Makassar ini. Raos adalah bahasa Sunda yang berarti enak. Tentunya abon raos juga memiliki kelezatan khas yang perlu dicoba. 

Abon Raos terbuat dari daging sapi yang memiliki rasa luar biasa enak dan memiliki rasa pedas yang juga merupakan rasa dominan dari makanan yang ada di kota Makassar.

Rasanya yang khas ditambah namanya yang unik, membuat abon raos sering dijadikan oleh-oleh khas Makassar yang banyak digemari kalangan ibu-ibu. Abon ini sangat nikmat dinikmati dengan nasi hangat maupun sebagai isi dari roti tawar. Jangan ketinggalan mencobanya guys!

12. Kerupuk Jintan

kerupuk jintan

Makassar bisa dibilang sebagai pusat makanan ringan yang memiliki rasa khas. Jika kamu berkunjung kesana, jangan sampai melewatkan Kerupuk Jintan. Oleh-oleh khas Makassar ini mirip kue kering dengan tekstur renyah seperti dengan kerupuk dan dilengkapi campuran jintan hitam di dalam adonan.

Kerupuk berbentuk kacang ini berbahas dasar tepung terigu, margarine, soda kue, telur dan disempurnakan dengan jintan hitam. Cemilan dengan rasa renyah dan gurih ini cocok jadi cemilanmu dimanapun.

13. Otak-otak Ikan Makassar

otak-otak ikan

Otak-otak mungkin sudah pernah kamu coba di daerah lain, tetapi otak-otak Makassar tentu berbeda karena berbahan ikan tenggiri. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar, sehingga rasanya sangat unik dank has dengan tekstur daging yang lembut. Kamu bisa mendapati makanan ini di sepanjang Pantai Losari dan ditempat oleh-oleh khas Makassar.

Meski termasuk makanan basah tapi otak-otak dari Sulawesi Selatan ini tahan dibawa perjalanan jauh. Jika ingin membawa pulang dengan jarak tempuh cukup jauh, sebaiknya memesan terlebih dahulu otak-otak yang masih fresh supaya lebih tahan lama. Namun jangan lupa segera simpan di lemari pendingin setelah sampai rumah. 


14.Sirup Markisa Malino

sirup markisa

Sirup asli buah markisa ini memang menjadi oleh-oleh khas paling populer di Makassar. Sirup ini merupakan sirup berbahan buah markisa asli yang ditanam di Malino, bukan dari serbuk markisa buatan. Jadi selain rasanya manis, sirup ini juga kaya akan vitamin yang menyehatkan. 

Kamu bisa menikmati rasa asam segar khas markisa asli tanpa olahan bahan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah markisa mengandung banyak antioksidan dan mampu menangkal berbagai penyakit berbahaya salah satunya adalah kanker, sangat baik dikonsumsi rutin.

Oleh-oleh khas Makassar ini memiliki cita rasa manis dan asam yang bercampur menjadi satu kesegaran yang mantap dan perlu dicoba guys!


15. Sirup DHT

sirup dht

Tak hanya sipur markisa malino, ada juga sirup DHT yang sangat ikonik di Sulawesi Selatan. Jangan terkecoh dengan kemasannya yang bergambar aneka rasa buah, sirup DHT yang berwarna merah ini justru memiliki cita rasa pisang ambon. 

Sirup legendaris khas Makassar ini tidak memiliki varian rasa selain pisan ambon. Jadi bagi kamu yang ingin mencoba rasanya sirup pisang, oleh-oleh Khas Makassar ini bisa dicoba. 

16. Barongko

barongko

Jika DHT adalah sirup pisang, maka Barongko adalah jajanan berbahan dasar pisang. Barongko dibuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan santan, air, garam, gula dan telur yang diaduk menjadi saju lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus.

Barongko memiliki rasa yang lembut, gurih dan manis bercampur menjadi satu yang pastinya cocok untuk semua kalangan. Seperti otak-otang, Oleh-oleh khas Makassar ini aman dibawa perjalanan jauh dan jangan lupa menyimpan dalam lemari es setelah sampai di rumah. 

17. Baje

baje

Baje merupakan salah satu makanan ringan yang dikenal di suku todakka maupun suku-suku lain di sulawesi. Tak hanya makanan ringan, baje juga merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada pada setiap hajatan masyarakat todakka. Baje banyak dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan lama dalam perjalanan. 

Baje terbuat dari ketan, kelapa parut, gula pasir, dan gula merah. Proses pembuatannya pun mirip dengan pembuatan wajik. Nah, biasanya baje dibungkus dengan kulit jagung kering atau daun pisang kering. Jangan ketinggalan mencobanya guys!

18. Minyak Tawon

minyak tawon

Tak hanya Makassar, minyak tawon juga banyak ditemui di Jawa maupun di beberapa daerah lain, mengingat manfaatnya yang sangat banyak. Nah, minyak tawo Makassar ini sudah populer sejak 1912 dengan khasiat yang sudah terjamin. Minyak tawon ini sangat sulit atau mahal jika dibeli di luar kota Makassar. 

Selain dijadikan minyak gosok, pijat ataupun urut, minyak tawon Makassar ini bisa diminum dalam beberapa tetes dan dipercaya bisa menyembuhkan asma. Khasiat yang banyak dari minyak tawon ini membuatnya cukup mahal di pasaran online. Oleh karena itu sebaiknya kamu membelinya saat berada di Makassar sebagai oleh-oleh khas. 

19. Sarung Tenun Bugis

sarung tenun bugis

Sarung tenun biasanya menjadi cinderamata andalan yang banyak dicari, disamping oleh-oleh khas Makassar berupa makanan ringan. Sarung bugis bisa menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh khas karena corak dan warna yang menarik, bahan kain  nyaman dipakai, tidak panas dan tidak gerah meskipun dipakai dalam keadaan lama.

Oleh-oleh khas Makassar ini sangat terkenal di kalawangan wisatawan yang tertarik dengan kain etnik. Kamu bisa membawa kain khas ini sebagai hadiah, oleh-oleh ataupun dipakai sendiri.

20. Kain Sutra Sengkang

kain sutra sengkang

Disamping sarung tenun Bugis, kamu juga bisa membeli kain sutra Sengkang dengan kualitas sangat bagus sebagai buah tangan dari Kota Makassar. Tidak hanya kain sutra asli, kamu juga bisa mendapatkan jenis kain semi sutra yang memiliki harga lebih murah dibanding kain sutra asli yang mencapai jutaan rupiah. Oleh-oleh tingkat dewa nih guys!

21. Kopi Toraja

kopi toraja

Selalu ada yang kurang jika pulang dari Makassar tanpa kopi Toraja. Kopi ini merupakan oleh-oleh yang paling wajib saat menjejakkan kaki di Sulawesi. Di Sulawesi Selatan, kopi toraja menjadi primadona. Kopi jenis arabica ini punya keunggulan seperti kadar keasaman rendah, tidak membuat mual, dan memiliki rasa kopi yang dominan.

Kopi ini berasal dari ketinggian lebih dari 1200 mdpl. Jenis tanah menjadi faktor yang mampu membuat kualitas kopi toraja sangat enak. Tak heran jika kopi toraja digemari tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri seperti Jepang, Amerika, dan Jerman. Di Jepang kopi Toraja di anggap sebagai kopi berkelas dan sekitar 40 persen kopi yang beredar di Jepang adalah kopi toraja.

Kopi Toraja ini memiliki citarasa khas yang tidak ditemukan dari kopi biasa pada umumnya. Ada 3 jenis pilihan kopi seperti arabica, robusta, dan Special Blend. Kamu bisa temukan banyak Kopi Toraja di pusat oleh-oleh Makassar maupun di Toraja. Jangan ketinggalan oleh-oleh wajib ini ya!

22. Karya Seni Khas Toraja

kesenian toraja

Toraja dikenal dengan beberapa kerajinannya dan kamu bisa membawa oleh-oleh Handicraft Toraja yang memiliki banyak pilihan. Di antara kerajinan tangan yang menjadi favorit para pelancong adalah replika Kapal Pinisi dan Rumah Tongkonan. 

Selain itu kamu bisa mendapatkan karya seni berupa lukisan, gantungan kunci, baju khas Toraja, ukiran kayu, tenun, dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan memang pilihan terbaik dijadikan oleh-oleh yang tahan lama. Desainnya yang mengikuti zaman membuat oleh-oleh ini semakin bisa kekinian.

Harga karya seni Toraja juga bervariasi, ada yang murah hingga mahal, tetapi pastinya ada yang pas di kantong deh. Jangan hanya kulier, tetapi memiliki pernak pernik khas Toraja ini bisa membuatmu semakin eksis guys. Meski tidak sempat ke Toraja, kamu bisa membelinya cinderamata di pusat oleh-oleh khas Makassar. 

Itu adalah 22 oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung. Tidak harus semua, tetapi bisa menjadi pilihan dan solusi yang tepat jika kamu bingung menentukan apa saja yang ingin dibeli. Oleh-oleh tersebut bisa dijumpai di banyak toko pusat oleh-oleh di Makassar dan pastinya tidak sulit untuk ditemukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel