13 Pulau Eksotis di Maluku. Yakin Masih Pengen ke Luar Negeri?

Pulau Eksotis di Maluku. Jalan-jalan ke Maluku, pasti Pantai Ora masuk dalam daftar destinasimu. Pantai Ora memang sudah tidak diragukan lagi mampu mengundang banyak wisatawan ke pulau cantik di timur Indonesia ini. Berupa kepulauan, Maluku sangat beruntung karena memiliki beragam tempat wisata bahari yang sedap dipandang mata. Selain memiliki pantai yang indah, maluku juga memiliki beberapa pulau populer yang tidak diragukan lagi keindahannya. Selain Pulau Seram dengan Pantai Ora'nya, coba deh kunjungi pulau indah di Maluku lainnya. 

Maluku memiliki sekitar 1.000 pulau lebih yang tersebar di daerah kepulauannya. Ada pulau yang berpenghuni dan sebagian besar tidak berpenghuni. Gugusan pulau-pulau yang tersebar tentunya memiliki keunikan dan peson tersendiri yang dimanfaatkan sangat baik untuk menunjuang pariwisata. 

Jika kamu ingin mengunjungi pulau - pulau di Maluku, mungkin kamu akan mengunjungi Pulau Seram, Morotai maupun Kepulauan Kei yang sangat tersohor. Memang ada beberapa pulau yang nama'nya sudah dikenal hingga wisatawan mancanegara. 

Berikut beberapa pulau di Maluku terbaik dan populer menurut HeiTraveler untuk melengkapi liburanmu. 

1. Pulau Seram / Pantai Ora

pantai ora


Lokasi : Jl. Kabupaten, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Map : Klik Disini
Cara kesana : Dari Bandara Pattimura Ambon ke Pelabuhan Tulehu naik kapal cepat tujuan pelabuhan Amahai di Pulau Seram. Untuk ke Pantai Ora dari pelabuhan menyewa kendaraan ke pelabuhan Desa Saleman atau naik angkot ke Kota Amahi kemudian sewa kendaraan untuk diantar ke Pantai Ora.
HTM : -
Penginapan Terdekat : Ora Beach Eco Resort, Oracave Eco-Lodge.

Keindahan Pantai Ora di Pulau Seram memang sudah tersiar hingga ke penjuru dunia. Tak tanggung-tanggung, eksotisme pemandangannya disandingkan dengan Maladewa dan Bora-bora. Oleh sebab itu Pantai Ora selalu masuk destinasi pelancong mancanegara saat liburan ke Indonesia. 

Bukan hanya pemandangan indah dihiasi dengan keragaman biota laut saja, Pantai Ora menawarkan resort terapung yang menjadikannya wisata idaman khususnya bagi yang ingin bulan madu. Penginapan ini terbatas, jadi kamu harus pesan dari jauh-jauh hari guys

Tak hanya akan duduk-duduk diam menikmati panorama alam yang nyaris sempurna. Di sini kamu bisa menikmati bawah laut Pantai Ora yang cantik dari permukaan ataupun terjun langsung manyapanya di bawah air. Kini, Pantai Ora masih menjadi destinasi teratas di Maluku yang perlu kamu coba. 

2. Pulau Nusa Pombo

pantai nusa pombo

Lokasi : Waai, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Dari Pelabuhan Tulehu bisa dilanjutkan dengan speedboat menuju Pulau Nusa Pombo sekitar 15-20 menit dengan tarif Rp. 300 - 500.000 . 
  • Dari Pelabuhan Hunimua bisa menyewa perahu nelayan dengan harga sekitar Rp.100.000.
HTM : -

Jika Pantai Ora adalah surga wisata bahari Maluku, maka Pulau Nusa Pombo adalah salah satu surga tersembunyi yang dimiliki Maluku. Dengan luas yang hanya 4 km persegi, kamu bisa memperoleh keindahan sekaligus ketengaha di Pulau Nusa Pombo ini. Terlebih, pulau ini menyimpan beragam keindahan alam di darat maupun di lautan beningnya.

Pulau tidak berpenghuni ini akan membuat nuansa berliburmu begitu terkesan guys. Kamu yang suka menyelam, bisa deh mencoba snorkling atau diving di perairan pulau cantik di Maluku ini. Keanekaragaman hayati dan ekosistemnya yang tinggi, pulau ini dijadikan lokasi konservasi baik daratan sebagai cagar alam maupun perairannya sebagai taman wisata alam laut. Wah, bisa dicoba nih. 

3. Pulau Osi

pulau osi

Lokasi : Pulau Osi, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku 12230
Map : Klik Disini
Cara kesana : Dari Pelabuhan Desa Liang Ambon, menaiki kapal penyeberangan (ferry) ke Pulau Gemba dengan tarif sekitar Rp. 20.000/orang. Dari Pulau gemba menaiki speedboat ke Pulau Osi sekitar 45 menit.
HTM : -
Penginapan : Hotel Amboina PIRU.

Pulau Osi memiliki luas sekitar 9 Ha yang menawarkan keindahan alam cantik seperti pulau-pulau di Maluku pada umumnya. Meskipun kecil, pulau ini memiliki potensi laut yang besar dengan adanya beragam terumbu karang sebagai habitat dari ikan-ikan yang beragam. Pulau ini berpenghuni sekitar 100 kepala keluarga yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Sehingga, pulau ini tidak pernah sepi dari pengunjung. 

Pulau Osi dikelilingi laut yang indah dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Airnya begitu jernih menjadikanmu sedang memandang akuarium alam raksasa. Di ujung Pulau Osi ada satu jembatan memanjang ke laut yang bisa dipakai para wisatawan menikmati keindahan laut Pulau Osi dari dekat. Jadi selain kenyang dengan wisata bahari, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancingmu disini. 


4. Pulau Hatta

pulau hatta

Lokasi : Banda, Kabupaten Maluku Tengah. 
Map : Klik Disini
Cara kesana : Dari Banda Neira menggunakan perahu stabil bertutup dengan tarif Rp. 300 - 600.000. Biasanya perahu akan singgah di beberapa tempat seperti Pulau Syahrir dan Karnofol sebelum ke Pulau Hatta.
HTM : -
Penginapan : The Nutmeg Tree hotel & Dive, Maulana Hotel, Cilu Bintang Estate.

Dulunya pulau ini bernama Pulau Rozengain, dan untuk menghormati proklamator bangsa, maka diubah menjadi Pulau Hatta. Keindahan utama yang disuguhkan pulau ini adalah bawah laut, panorama sunset dan pantainya yang bersih. Pulau berpenghuni dengan minim fasilitas ini masih memegang adat istiadat setempat. 

Pulau Hatta merupakan salah satu pulau yang dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat dan masuk dalam pulau untuk trip Sailing Banda Neira. Jadi pulau ini bisa menjadi paket lengkap dalam perjalananmu mengeksplore destinasi di Banda Neira.

5. Pulau Banda / Banda Neira

banda neira

Lokasi : Kp. Baru, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Naik kapal Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu selama 6-7 jam dengan tarif sekitar Rp.410.000 (biasa) dan Rp.650.000 (VIP).
  • Naik kapal Pelni dari Ambon menuju Banda Neira selama 10-12 jam dengan tarif Kapal Leuser sekitar Rp. 105.000/orang.
  • Menumpang pesawat perintis maskapai Dimonim yang melayani penerbangan dari Ambon menuju Banda Neira selama 45 menit dengan tarif sekitar Rp. 350.000
HTM : -
Penginapan : Allan Bungalow, Delfika 2 Guesthouse, Vita Guesthouse, Nurasia Guesthouse, Maulana Hotel.

Banda Neira menjadi pulau yang laris manis di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pulau ini juga menjadi pusat administrasi di Kabupaten Maluku Tengah. Jadi jangan heran karena tempat ini ramai sepanjang waktu. Menjadi wisata tertua di Indonesia, pulau ini juga menyimpan sejarah penting, yaitu kisah rempah-rempah yang dulu diincar para penjajah. 

Selain bisa mengunjungi tempat bersejarah seperti Gunung Api Banda, Benteng Belgica, Gereja tua Hollandische Kerk, Rumah Budaya dan Istana mini, menikmati keindahan Banda Neira juga sangat menyenangkan guys!. Jangan hanya berkeliling di daratannya saja, nikmati keindahan bawah lautnya juga yang sayang untuk dilewatkan. 

6. Pulau Bair

pulau bair

Lokasi : Dullah Laut, Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Dari Bhandara Pattimura naik pesawat rute Ambon - Langgur/Tual, turun di Bandara Dumatubuh. Kemudian naik angkot jurusan Dullah dan turun di dermaga Dullah Darat. Disana bisa carter perahu ke Pulau Bair dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. 
  • Dari Pelabuhan Ambok naik kapal Pelni rute Ambon - Tual (Kelimutu/Tidar) dan turun di Pelabuhan Tual. Disana naik angkot jurusan Dullah, turun di Dermaga Dullah Darat dan carter perahu ke Pulau Bair. 
HTM : -

Pulau Bair atau Pulau Baeer atau Pulau Rowa adalah destinasi wisata yang dimiliki Kota Tual. Pulau Baik menyajikan ekosistem lingkungannya berupa hutan mangrove dan tebing batu dengan permukaan air laut yang sangat jernih berwarna kehijauan. Perairan di Pulau Bair ini sangat jernih dan akan membuatmu terpesona masih berdaya.

Disini, kamu bebas berenang, menyelam, snorkling, berjemur, memancing, jetsky, berlayar maupun tiduran dengan pelampung di tengah air. Kamu juga bisa menyewa perahu keliling pulau untuk menikmati panorama sekitar yang secantik lukisan. Tidak hanya air bening dan hijaunya ekosistem, tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya juga menambah keindahan Pulau Bair. 

7. Pulau Saparua

pulau saparua

Lokasi : Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Naik kapal ferry dari Pelabuhan Negeri Waai ke Pelabuhan Kulur dengan tarif Rp.15.000 per orang, motor Rp.40.000 dan mobil Rp.80.000.
  • Menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Tulehu ke pelabuhan Haria Saparua dengan tarif Rp. 100 - 200.ooo/orang dengan waktu 1 jam.
  • Menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Tulehu ke Pelabuhan Haria Saparua dengan harga tiket seharga Rp. 30.000 dengan waktu yang cukup lama sekitar 2 jam lebih.
  • Menggunakan Speed Boat dari Pelabuhan Tulehu sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000 tergantung besarnya speed boat.
HTM : -
Penginapan : Putih Lessi Indah, Kelapa Indah Negeri Mahu.

Pulau Saparua sendiri merupakan salah satu tempat wisata favorit dan kebanggaan di Maluku karena di pulau ini pernah lahir pahlawan nasional Indonesia yaitu Pattimura. Disini, mulai wisata bahari, alam, budaya dan sejarah tersaji apik di dalamnya. Seperti  Benteng duurstede,Goa Tujuh Putri, Pantai Kulur, dan lain lain.

Keindahan Pulau Saparua juga terletak pada keindahan pantainya. Seperti Pantai Kulur yang memiliki pasir putih bersih dan air laut yang biru jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat bagian dasar laut di tempat yang dangkal. Apalagi pantai di Pulau Saparua ini tidak ramai pengunjung, sehingga kamu bisa lebih bebas bersantai dan relaksasi di sini.

8. Pulau Molana

pulau molana

Lokasi : Haria, Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : Menggunakan kapal cepat dari Ambon ke Saparua kemudian diteruskan dengan menaiki speedboat menuju Pulau Molana.
HTM : 
Penginapan  : Molana Island Resort.

Pulau Molana memiliki pasir putih yang halus seperti tepung terigu. Ada yang unik nih dari pasir pantai ini, saat pergantian musim, pasir pantai dapat berpindah dari sisi barat ke sisi timur karena pengaruh angin barat dan angin timur. Selain hamparan pasir putih yang halus sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer, di sekitar Pantai Molana juga terdapat tebing batu karang tempat tinggal ikan-ikan kecil.

Suasana pulau yang terletak di antara Pulau Saparua dan Nusalaut ini masih alami, terlihat dari pemandangan sepanjang pulau. Masih hijau, dengan dihiasi beraneka ragam tanaman bakau dan pohon-pohon rindang di sekelilingnya. Selain itu fasilitas seperti penginapan dan restaurant pun sudah tersedia disiini. Jadi kamu bisa menikmati liburan di Pulau Molana sepuasnya.

9. Pulau Morotai

pulau morotai

Lokasi : Maluku Utara
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Dari Bhandara Sultan Babullah Ternate dilanjutkan dengan naik Susi Air atau Wings Air tujuan Pulau Morotai.
  • Dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menaiki kapal KM Geovani atau KM Ratu Maria tujuan Pelabuhan Imam Lastori Morotai Selatan dengan tarif sekitar Rp.275.000., ditempuh dalam waktu satu malam 
  • Dari Pelabuhan Kota Baru Ternate atau Pelabuhan Bastiong Ternate naik speedboat ke Sofifi. Dari Sofifi ke Tobelo Halmahera Utara sekitar 4 jam. Dari pelabuhan Tobelo naik speedboat ke Morotai 1,5 jam sekitar Rp.100.000 atau ferry 2 jam sekitar Rp.20.000
HTM : -
Penginapan : Pasifik Inn Hotel, Hotel Regina.

Pulau Morotai menjadi saksi sejarah dari masa ke masa sejak masa kejayaan kerajaan Islam di Maluku, perang dunis 2 hingga perebutan Irian Barat. Pulau Morotai memiliki banyak wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Seperti Tanjung Gorango, Landasan Pitu, Museum Perang Dunia II, Air Terjun Bunga Kokota dan sebagainya. 

Mungkin kamu tidak butuh satu hari saja untuk menikmati dan berkeliling berbagai destinasi wisata di Morotai. Jadi jangan sia-siakan waktumu di pulau indah ini guys!

10. Kepulauan Kei

kepulauan kei

Lokasi : Letvuan, Hoat Sorbay, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : Sampai di Ambon bisa naik pesawat menuju Langgur.
HTM : -

Di Kepulauan Kei tersimpan banyak wisata indah yang belum banyak terjamah, mulai dari pantai, pulau dan gua yang menyimpan kisah legenda. Meski tidak mudah dijangkau, kamu bisa menjelajah kepulaukan Kei ala backpacker yang pastinya lebih hemat.

Jika tertarik untuk menyeberang pulau,  ada banyak layanan transportasi penyeberangan dengan menyewa speedboat.  Namun akan lebih murah harganya jika kamu pergi bersama rombongan. Di kepulauan Kei, kamu bisa ke Pulau Baeer dan Adranan atau lewat gugusan 10 pulau. Waw, pasti akan menjadi perjalanan laut yang keren nih

11. Pulau Failonga

pulau failonga

Lokasi : Pulau Filonga, Tidore Tim., Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara
Map : Klik Disini
Cara kesana : Dari pelabuhan Tidore menyewa kapal cepat ke Pulau Failonga.
HTM : -


Pulau Failongan merupakan pulau yang berada di kawasan Tidore, bagi kamu yang ingin menikmati berbagai keanekaragaman hayati laut timur bisa berkunjung di pulau ini. Sama seperti pulau di Maluku lainnya, air laut disini bagaikan cermin, berpadu dengan awan putih dan pasir pantai yang terbentang putih membuat siapapun tak bosan-bosan memandang.



Berbagai kegiatan bisa dilakukan di pulau ini, mulai berenang di perairan pantai yang dangkal maupun duduk santai dan beristirahat dibawah pohon serta berfoto di bebatuan yang beberapa di antaranya cukup besar layaknya di Belitung.  Diatas pulau ini kamu bisa melihat Gunung Gamalama yang ada di Pulau Ternate, Pulau Tidore dan lautan yang cukup luas. Penasaran pengen kesini guys?


12. Pulau Buru

pulau buru

Lokasi : Maluku
Map : Klik Disini
Cara kesana : 
  • Naik kapal besar dari Ambon seperti KM. Nggapulu dan KM. Dorolonda. Selain kapal besar, bisa juga menggunakan kapal-kapal kecil yang banyak tersedia seperti KM. Intim teratai dan lainnya. Tarif pulang pergi sebesar Rp 200.000 per orang. Selain itu bisa naik kapal ferry
  • Naik pesawat udara dari Ambon ke Namlea.
HTM : -
Penginapan : Penginapan ASTRI, Jikumerasa Beach Resort & Resto, Hotel Awista, Garuda Mas Penginapan. 


Kamu bisa berkeliling Pulau Buru mulai dari pantai kecil yaitu pantai Talaga yang bersih dengan air yang jernih. Biasanya tempat ini sering digunakan untuk kemah kecil-kecilan. Selain itu kamu bisa mengunjungi pantai-pantai di sepanjang pesisir Pulau Buru. 


Setiap desa terdapat pantainya sendiri, jadi kamu tinggal pilih ingin singgah dimana, namun biasanya yang jadi pantai primadona adalah pantai Jikumerasa. Dipantai ini juga terdapat hilir sungai yang airnya jernih. Di pantai-pantai selanjutnya kamu akan menemukan pantai berpasir hitam, pantai berkerikil bulat kecil, dan pantai berkerikil bulat besar dan sebagainya. Belum lagi ada sabana, bukit, dam di teluk Bara. Jangan cuma sehari kalau berkunjung di Pulau Bara guys!

13. Pulau Dodola

pulau dodola

Lokasi : Kolorai, Morotai Sel., Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara
Map : Klik Disini
Cara kesana : Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. 
HTM : -
Penginapan : Hotel RIA, D'Aloha Resort.

Pulau Dodola di Maluku Utara, layak disebut sebagai surga. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini hanya tersambung saat laut sedang surut dan membentuk jalan pasir. Pasir putih tersebut seolah jembatan tersembunyi. Sungguh luar biasa dan sangat cantik sekali!. Kamu bisa berjalan diatasnya untuk menyeberang ke pulau seberang.


Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa kapal dan pesawat perang yang karam. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia ke-2. Pulau yang layak disebut surga ini jangan sampai kamu lewatkan saat di Maluku guys!

Itu adalah wisata pantai di Maluku yang populer di kalangan wisatawan domestik dan mancananegara. Mana yang menjadi favoritmu?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel