Intip 3 Spot Underwater Terbaik di Pulau Weh Aceh

Pulau Weh Aceh. Pesona taman bawah laut di negara kepulauan Indonesia memang tidak ada habisnya. Keragaman biota laut Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke sehingga membuatnya dikenal wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Pulau Weh adalah salah satu pulau yang memiliki pesona alam luar biasa dan terkenal dengan surga bawah laut yang menakjubkan. 


Berada di bagian paling ujung barat Indonesia, Pulau Weh menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Aceh. Suka menyelam?, berarti pulau ini tepat untuk kamu.


Dulu Pulau Weh termasuk bagian dari Pulau Sumatra. Meletusnya gunung berapi pada jaman pleistosen menyebabkan terpisahnya Pulau Weh dari Pulau Sumatra. Pulau Weh berada di barat daya Pulau Sumatra, tepatnya di Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, Nangroe Aceh Darusalam, Indonesia. Berada sekitar 32 kilometer dari Banda Aceh. Kota Sabang adalah kota terbesar di Pulau Weh, yang menandai ujung barat Indonesia.

Cara ke Pulau Weh :


  • Dari Bhandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh dilanjutkan ke Pelabuhan Ulee Lheue dengan taksi, damri, becak motor dan labi-labi (kendaraan khas Aceh)
  • Penerbangan ke Kuala Namu, Sumatra Utara. Dilanjutkan dengan bus antar kota dari Medan ke Banda Aceh sekitar 12 jam. Kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Ulee Lheue.


Ada dua alternatif menyeberang ke Pulau Weh yaitu menggunakan kapal cepat dan kapal feri. Dalam sehari ada 3 feri yang berlayar ke Pelabuhan Balohan (Pulau Weh) dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Sedangkan kapal cepat memiliki 2 jadwal keberangkatan dengan waktu tempuh 45 menit.

Wisata Pulau Weh

Berwisata ke Pulau Weh sama halnya dengan berwisata ke surga bawah laut Aceh, siapkan alat snorkeling untuk menjelajahi berbagai spot-spot menarik yang tersebar di Pulau Weh. 

Lalu, dimana spot menarik untuk menikmati pesona bawah laut Pulau Weh?

Ada tiga tempat wisata pantai dengan spot menarik di Pulau Weh yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati surga bawah laut yang sering diperbincangkan para traveler.

1. Pantai Iboih


Pantai Iboih merupakan spot paling menarik di Pulau Weh. Selain itu, fasilitas di tempat wisata pantai Iboih sangat lengkap. Terdapat rental motor, mobil dan alat snorkeling akan memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Pulau Weh. 

Di tempat ini juga ada berbagai penginapan dengan tarif beragam, warung makan yang menyajikan masakan setempat dan juga Rubiah Dive Center. 

Snorkeling di Pantai Iboih dengan air laut yang jernih tentu tidak ingin dilewatkan hanya sehari saja karena Pantai Iboih berhadapan dengan Pulau Rubiah yang juga menyimpan pesona alam bawah laut yang menakjubkan.

2. Pantai Rubiah


Pantai Rubiah berada di seberang Pantai Iboih, lebih tepatnya berhadapan. Menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Rubiah tentu sangat menarik bagi yang ingin menemukan spot bawah laut selanjutnya, lagipula juga tidak terlalu jauh dari Pantai Iboih. 

Dengan waktu 15 menit, pantai indah dengan laut yang jernih mulai menampakkan taman bawah laut yang melambai-lambai dari bawah. Waow, tentu membuat siapapun ingin segera meluncur dari perahu sebelum perahu sandar.

3. Pantai Gapang


Pantai Gapang berhadapan langsung dengan laut lepas, dan ombaknya lebih keras dibanding Pantai Iboih. Dengan garis pantai yang lebih panjang dari Pantai Iboih, Pantai Gapang cocok untuk bersantai disamping snorkeling. 

Air laut yang jernih akan menampakkan biota laut jika dilihat dari dermaga, tapi snorkeling lebih cocok dilakukan daripada hanya menikmati akuarium laut. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari penyewaan alat snorkeling, dive center, pusat olah raga dan berbagai penginapan sudah tersedia.

Spot Pulau Weh


Kebanyakan di ketiga spot menarik tersebut bisa ditemui berbagai jenis biota laut seperti parrot fish, tropest fish, angel fish dan dunsel fish. Gugusan karang yang beragam juga tidak luput dari mata, seperti karang lupas, karang rusa dan karang kerupuk. 

Keindahan taman laut Pulau Weh yang luar biasa'pun bisa disejajarkan dengan taman bawah laut Bunaken di Sulawesi Utara.

Melepas lelah sehabis snorkeling, bersantai di bawah rimbunnya pohon ditemani angin sepoi-sepoi di pinggir pantai bisa dilakukan. Atau ingin aktivitas lain?, berselancar, memancing, menjelajah dengan perahu bisa dimasukkan dalam daftar pilihan. Pesona alam Pulau Weh yang menakjubkan tentu menjadi lokasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Aceh.


Tips Wisata di Pulau Weh :

  1. Banyak wisata yang bisa dikunjungi, jadi pastikan tidak berlibur hanya 1 - 2 hari di Pulau Weh.
  2. Meski udara tidak terlalu panas, sunblock boleh menjadi salah satu pilihan yang patut dibawa.
  3. Jangan ragu menyewa seorang pemandu untuk snorkeling. Pemandu adalah warga setempat yang dengan senang hati menunjukkan lokasi dengan pemandangan terumbu karang yang indah dan didatangi beragam jenis ikan. 
  4. Jika tidak memiliki kamera underwater, bisa menyewa kamera lengkap dengan pelindungnya di tempat penyewaan perlengkapan alat snorkeling dan menyelam.
  5. Jelajahi rasa kulinar lokal di sepanjang pantai yang menyajikan menu khas masyarakat Aceh.
  6. Habiskan senja di Tugu Nol Kilometer. Jarak Iboih-Tugu Nol Kilometer hanya sekitar 8 kilometer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel