20 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Super Ciamik

Tempat Wisata Alam di Makassar dan Sekitarnya. Berlibur ke Makassar jangan hanya duduk manis di Pantai Losari sambil makan pisang epe saja. Banyak tempat wisata alam lain yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu di Ibu Kota Sualwesi Selatan ini. Bukan hanya Pantai Losari dan Taman Nasional Bantimurung yang sudah populer di Makassar, masih ada banyak wisata alam yang bisa dinikmati keindahannya. Bagi kamu yang suka berpetualang, waktunya kamu melipir sejenak dan menyibak berbagai wisata alam di Makassar yang ciamik!.

Makassar memiliki banyak tempat menarik yang berpotensi menjadi tempat wisata. Beberapa diantaranya juga sudah dibuka menjadi tempat wisata. Muali dari pantai, gunung, air terjun dan beberapa wisata alam tersebar di sekitar Makassar. Jadi bagi kamu yang sedang berwisata di Makassar, daripada duduk manis  di Ibukota saja, coba deh menjelajahi alam di sekitar Makassar yang pasti bikin betah.

Berikut tempat wisata alam di sekitar Makassar yang populer menurut HeiTraveler dan cocok untuk destinasimu :

1. Tebing Appalarang

tebing appalarang

Lokasi : Ara, Bontobahari, Ara, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp.20.000 mobil ; Rp.5.000 motor
Penginapan Terdekat : Hotel Panrita Lopi, Phinisi Hostel Bira

Disini, kamu akan menemukan indahnya tebing dan hamparan batu karang. Dan yang paling menyejukkan yaitu air laut yang luar biasa jernihnya yang tampak indah dan juga  alami. Kamu bisa mengabadikan foto dari ketinggian sekaligus melihat dasar laut yang samar-samar kelihatan. Tak hanya itu, kamu juga bisa turun dengan lewat tangga pada dermaga. 

Hal yang menarik disini, kamu bisa menguji adrenalin. Caranya harus melompat dari ketinggian pada waktu berada di dermaga pertama sebelum sampai di bawah. Atraksi seru dari warga lokal pun juga dapat dijadikan sebagai hiburan tersendiri. 

2. Taman Batu Balocci

taman batu balocci

Lokasi : Balleanging, Balocci, Balleanging, Balocci, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan 90661.
Map : Klik Disini
Cara kesana : Melewati jalur yang sama meneruskan perjalanan kedalam poros tonasa kisaran 8-9 KM dari Taman Purbakala Sumpang Bitta. 
Buka/Tutup : 06.30 - 18.00
HTM : -
Penginapan Terdekat : Nasrul House for Backpacker, Santri Guest House.

Taman Batu Balocci atau Taman Batu Karst Balocci Pangkep kini menjadi spot untuk berswafoto yang cukup populer. Tempat wisata di Sulawesi Selatan ini menyajikan hamparan batu karst berwarna abu-abu yang berkombinasi dengan hijau dan kuningnya rerumputan. Tempat wisata ini sangat unik bagi kamu yang gemar fotografi maupun sekedar menghabiskan waktu di Sulawesi. 

Kalau kamu ingin hasil foto yang cakep, bawa drone bisa menjadi solusi yang ciamik guys!Jangan berfikiran bisa bercengkerama menikmati pemandangan alam disini saat siang hari karena pasti panas dasyat. Jadi sebaiknya datang waktu pagi atau sore.

3. Benteng Rotterdam

benteng rotterdam

Lokasi : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 06.00 -18.30
HTM : Sukarela ; Museum dan Art Gallery Rp.5.000/orang.
Penginapan Terdekat : Swiss - Belhotel Makassar, Makassar Beach Inn, ZEN Rooms Pasar Ikan Losari, OYO 317 New Legend Hotel.

Mengenal sejarah Makassar, kamu wajib ke Benteng Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam atau disebut juga dengan Benteng Ujung Pandang, merupakan peninggalan bersejarah dari Kesultanan Gowa yang pernah berjaya pada abad ke-17. Kesultanan ini sebenarnya memiliki 17 buah benteng yang mengitari Makassar. Tetapi benteng yang paling  megah adalah benteng Fort Rotterdam yang keasliannya masih terpelihara.

Tidak perlu membayangkan suasana seram dan angker saat mengunjungi benteng tua ini karena tempat bersejarah ini bukanlah tempat yang kosong melompong. Benteng Rotterdam digunakan pemerintah setempat sebagai Pusat Kebudayaan Makassar dan difungsikan sebagai perkantoran, sehingga membuat lingkungan benteng menjadi bersih, rapi, dan terawat. Kamu juga bisa mengunjungi Museum La Galigo dan melihat ruangan tempat Pangeran Diponegoro ditahan setelah ditangkap Belanda di Jawa.

4. Pantai Losari

Pantai Losari

Lokasi : Jl. Metro Tj. Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : -
Penginapan Terdekat : Pod House, Aerotel Smile Makassar, favehotel Losari. 

Bisa dibilang Pantai Losari adalah ikon kota Makassar. Tempat wisata di Makassar ini menjadi  tempat berkumpul sekaligus hiburan bagi warga Makassar dan para wisatawan untuk sekedar melepas penat. Pantai ini ramai hampir di setiap waktu pagi, sore dan malam hari. Saat senja Pantai Losari tampak lebih indah dan mulai rame, karena disini juga terkenal akan beragam kuliner khas Makassar. 

Makanan khas yang paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas pantai losari yaitu pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan. Menikmati kuliner malam di area Pantai Losari adalah salah satu hal yang nggak boleh dilewatkan saat kamu berada di Makassar. 

5. Puncak Kebun Teh Malino

kebun teh malino

Lokasi : Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92171
Map : Klik Disini
Cara kesana :  Naik angkutan kota yang berwarna merah (disebut  pete-pete) dari Makassar,  melalui  jalur Sungguminasa menuju Malino.
Buka/Tutup : 08.00 - 18.00
HTM : Rp.50.000 dewasa ; Rp. 25.000 anak
Penginapan Terdekat : Hotel Celebes Garden, Celebes Villa and Resort Malino
Telepon : (0411) 430046

Ingin merasakan sejuknya alam pegunungan?, datanglah ke Puncak Kebun Teh Malino. Tempat wisata di Sulawesi Selatan ini lebih dikenal dengan nama Malino Highland yang menghadirkan panorama serba hijau di area pegunungan. Malino Highlands berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut dengan luas kebun sekitar 200 hektar. Disini kamu bisa melihat hamparan kebun teh hijau dengan udara yang masih sejuk. 

Tak hanya menyaksikan panorama perkebunan teh, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti paralayang, menunggang kuda, outbond, bersepeda dan beberapa kegiatan lainnya. Lelah wisata, beristirahatlah di Green Cafe Pekoe bernuansa Jepang yang menyediakan suguhan teh terbaik dengan fasilitas eksklusif.

6. Pulau Samalona

pulau samalona

Lokasi : Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Map : Klik Disini
Cara Kesana : Sewa perahu dari penduduk sekitar Pantai Losari, Makassar. Waktu tempuhnya adalah sekitar setengah jam perjalanan.
Buka/Tutup :
Harga Sewa Perahu : Sekitar Rp300.000 – Rp500.000 PP/perahu (kapasitas 10 orang).
Penginapan Terdekat : -



Samalona adalah pulau yang paling ngetop di gugusan Kepulauan Spermonde. Pulau mini yang dikelilingi pantai berpasir putih ini terkenal akan pemandangan alamnya yang indah. Disini, kamu bisa menemukan banyak terumbu karang cantik di bagian utara pulau. kalau kamu suka snorkling, coba deh sensasi bawah laut di Pulau Samalona.


Pulau ini cukup sepi dan tidak banyak penduduknya. Meski begitu, akomodasi sudah banyak tersedia disini. Kalau ingin menginap, ada hotel dengan harga lumayan mahal. Tapi kalau kamu ingin yang lebih antimainstream, camping di pulau ini juga bisa dicoba. Beberapa bagian pulau ini memang cukup lapang dan aman untuk mendirikan tenda.


7. Ekowisata Mangrove Lantebung

ekowisata mangrove lantebung

Lokasi : Lorong 2, RT.3/RW.6, Bira, Kec. Tamalanrea, Sulawesi Selatan 90243
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 08.00 - 18.00
HTM : Rp.15.000/orang ; Perahu Rp.20.000/orang.
Penginapan Terdekat : Airy Biringkanaya.

Hutan Mangrove juga ada di makassar lho!. Hutan bakau di sini memanjang sekitar 2 kilometer ke laut lepas, tepat menghadap ke Selat Makassar. Ekowisata Mangrove Lantebung merupakan hutan mangrove yang memiliki daya tarik unik, yaitu adanya jembatan sepanjang 270 meter berwarna pelangi. Di sini juga banyak perahu yang tambat dan dicat warna-warni juga, membuatnya semakin Instagramable.

Jalur sepanjang 270 meter ini dilengkapi juga dengan Pondok Informasi dan sebuah gazebo. Kamu bisa memanfaatkan kedua tempat ini untuk duduk-duduk beristirahat atau sebagai spot foto. Kalau ingin lebih asyik lagi, kamu juga bisa berkeliling hutan mangrove dengan menyewa perahu warna warni. Layaknya nano-nano, asyik rasanya!

8. Lappa Laona

lappa laona

Lokasi : Harapan, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 5.000/orang.
Penginapan Terdekat : Hotel Savira, Hotel ADA Soppeng, Hotel Grand Saota Kab Soppeng.
Telepon : 0823-2642-6662

Lappa Laona adalah salah satu wisata di Sulawesi Selatan yang berada di dataran tinggi. Memiliki suhu udara sejuk, ditambah panorama perbukitan yang hijau memanjakan mata, siapapun dijamin bakal males pulang kalau ada disini. Sehingga, tempat ini cocok dijadikan tempat camp sekaligus destinasi berpetualang saat liburan.

Di atas puncak, kamu bisa melihat panorama pemukiman Penduduk Tanete Riaja dan Barru, sekaligus panorama Pulau Pankiang yang tampak jauh. Tak hanya panorama yang bisa dinikmati, disini juga dilengkapi dengan spot kekinian seperti gardu pandang, rumah berbaris dan sebagainya. Cocok bagi kamu yang demen selfie. Ada juga beberapa wahana seru seperti flying fox, mountain bike park dan sebagainya. 

9. Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung

taman nasional bantimurung - bulusarung

Lokasi : Taman Nasional Bantimurung - Bulusarung, KabupatenMaros & Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.
Map : Klik Disini
Cara Kesana : Dari Terminal Mallengkeri Makassar naik angkot jurusan Panaikang. Di Panaikang naik angkot D jurusan Makassar Mall - Daya Sudiang, turun di Terminal Daya. Dilanjutkan angkot jurusan Daya - Maros - Pangkep, turun di Pasar Maros. Naik angkot jurusan Maros - Bantimurung, turun di Taman Nasional Bantimurung. 
Buka/Tutup : 
HTM : Rp25.000/orang ; Rammang-Rammang Rp5.000/orang ; Sewa perahu Rp200.000/perahu atau sekitar Rp50.000/orang
Penginapan Terdekat : Mutiara Sari Wisma, Wisma Nabila
Telepon : (0411) 3880252

Taman Nasional Bantimurung - Bulusarung menyimpan banyak kekayaan ekowisata dengan bentang alam pemandangan yang sungguh mempesona.  Mulai The Kingdom of Butterflies (Kerajaan Kupu-Kupu) yang memiliki ratusan spesies kupu-kupu, Air Terjun Bantimurung nan megah, gua-gua prasejarah, pegunungan karst, dan danau yang memukau di Rammang-Rammang. Dijamin, kamu bakalan puas menjelajah kawasan ini!.

Taman Nasional ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Di tempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah. Selain di kawasan Bantimurung, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memiliki berbagai macam lokasi ekowisata yang menarik. Kamu bisa mengunjungi Rammang-Rammang, trekking ke Gunung Bulusaraung maupun menyegarkan diri di air tejun. Banyak hal yang bisa lakukan di Taman Nasional. Pilih yang mana?

10. Celebes Canyon

celebes canyon

Lokasi : Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : -
Penginapan Terdekat : Hotel Savira, Hotel ADA Soppeng, Hotel Grand Saota 

Meski lebih dikenal dengan Benteng Murung, wisata baru di Sulawesi Selatan ini disebut Celebes Canyon karena penampakannya sekilas mirip dengan obyek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat. Tempat ini menyajikan tebing bebatuan yang cadas dipadukan dengan aliran sungai yang jernih. Namun untuk ke tempat wisata ini juga tidak mudah.

Lokasi ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Celebes Canyon menyerupai curug dengan bebatuan eksotis di sekelilingnya yang menjadi surga bagi para travelers. Tempat ini belum dibukan menjadi tempat wisata. Jadi, bagi kamu yang punya rencana berkunjung, siapkan cemilan dan minuman sendiri guys!

11. Air Terjun Lengang

air terjun lengang

Lokasi : Laiya, Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 92754
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : -
Penginapan Terdekat : -

Ingin mencoba berenang di natural infinity pool?, kunjungilah Air Terjun Lengang. Air Terjun Lengang memiliki sebuah infinity pool dengan air bening dan sejuk yang tak hentinya mengalir menuju kolam air terjun di  yang ada di bagian bawahnya. Natural infinity pool bisa dinikmati di bagian atas tebing. Dari tempat ini bisa terlihat pemandangan persawahan serta perbukitan di sekitar air terjun. Namun letaknya yang masih tersembunyi membuat destinasi wisata di Sulawesi Selatan ini cukup susah untuk dijangkau. 

Air Terjun Lengang tidak hanya menawarkan tingkatan yang membuat mata terpesona. Kekokohan dari tebing di bawah jatuhan air yang memiliki ketinggian 20 meter juga tak kalah eksotis. Sangat sempurna dengan paduan pepohonan hijau di sekitarnya. Belum lagi angin sepoi-sepoi yang bikin enggan pulang. Kalau sudah begitu, bukalah tenda dan camp sejenak. 

12. Air Terjun Sarang Burung

air terjun sarang burung

Lokasi : Binuang, Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan 90762.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : -
Penginapan Terdekat : -
Telepon : 0823-5708-7855

Air terjun Sarang Burung juga dikenal dengan nama Batulappa. Air terjun yang satu ini bisa dibilang sangat unik karena memiliki undakan-undakan. Uniknya lagi, tingkatan air terjun di sini tak hanya satu, melainkan tujuh. Jarak antar tingkat kurang lebih 100 meter. Masing-masing menawarkan pesona keindahan berbeda. Untuk kesini, kamu harus trekking dahulu selama 30 menit dengan jalur yang cukup ekstrim.

Air terjun ini dinamakan Sarang Burung oleh warga sekitar, lantaran kicauan burung kerap terdengar di sepanjang perjalanan menuju lokasi. Air di sekitar air terjun terasa begitu sejuk dan menyegarkan. Terasa sedikit hembusan angin sepoi-sepoi, ditambah kicauan burung yang menenangkan. Dijamin kamu bisa lupa waktu jika berada disini guys!.

13. Danau Tanralili

danau tanralili

Lokasi : Manimbahoi, Parigi, Manimbahoi, Gowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi  Selatan 92174
Map : Klik Disini
Rute :
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp.10.000/orang
Penginapan Terdekat : Celebec Villa And Resort Malino, Hotel Celebes Garden

Danau Tanralili berada tepat pada kaki gunung Bawakaraeng yang terkenal di kalangan para pendaki. Sehingga kamu harus rela trekking kurang lebih sekitar 3 jam untuk santai ke tempat ini. Danau ini dijuluki sebagai Ranu Kumbolo di Pulau Jawa karena memiliki nuansa alam yang hampir sama. Danau Tanralili menyajikan pemandangan memukau yang bisa membuat liburanmu menjadi berkesan. 

Tempat ini menyuguhkan panorama alam yang mengagumkan. Refleksi perbukitan terlihat dari jernihnya permukaan danau. Suara gemercik dari air terjun pun bisa kamu dengarkan di sini. Hijaunya pepohonan di sekitar seolah melengkapi pemandangannya. Pantas saja jika Danau Tanralili dianggap sebagai surga di kaki Gunung Bawakaraeng. Nuansa sejuk yang menyelimuti kawasan Danau Tanralili membuat kamu sulit beranjak pulang.

14. Pulau Lae Lae

pulau lae lae

Lokasi : Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Map : Klik Disini
Cara kesana : Menggunakan perahu motor nelayan dari dermaga kayu Bangkoa atau dermaga depan Fort Rotterdam, Makassar. 
Buka/Tutup : 24 jam
Harga Sewa Perahu : Sekitar Rp. 15.000/orang.
Penginapan Terdekat : -

Ada puing-puing peninggalan Jepang di Sulawesi Selatan, tepatnya di Pulau Lae-Lae. Dulunya pulau yang berjarak 1,5 km dari Pantai Losari ini digunakan sebagai benteng. Makanya jangan heran bila kamu akan menemukan berbagai situs sejarah, seperti batu pemecah ombak berbentuk segitiiga, juga sebuah terowongan yang konon terhubung langsung dengan benteng Fort Rotterdam di Kota Makassar.

Ukuran Pulau Lae-lae memang tidak terlalu besar. Luasnya hanya sekitar 0,04 km persegi. Begitu kamu menginjakkan kaki di Pulau ini, kamu akan di sambut dengan hamparan pasir putih dengan pepohonan yang terlihat sudah mengering tanpa daun. Disini, kamu bisa melakukan aktivitas ala anak pantai di pulau indah ini, seperti menyelam, snorkeling, dan pastinya menikmati sunset.

15. Pantai Akkarena

pantai akkarena

Lokasi : Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 08.30 - 17.00
HTM : Rp.10.000/dewasa ; Rp.5.000/anak
Penginapan Terdekat : Hotel Tanjung, Colonial Hotel Makassar.



Tidak hanya Pantai Losari yang menawarkan keindahannya, karena Pantai Akkarena juga menjadi tujuan wisata menarik di Makassar. Panorama di sekitar pantai telah menarik minat siapapun yang datang untuk menghabiskan waktu senja disini. Tak heran jika menjelang sore, tempat ini pasti padat pengunjung. 



Pantai Akkarena menyuguhkan perpaduan antara pantai berpasir hitam serta lembayung senja yang romantis. Kamu bisa menyusuri dek kayu di pantai ini hingga tiba di sebuah anjungan yang merupakan spot paling ideal untuk menikmati panorama sunset. Begitu matahari sudah tenggelam, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di sekitar pantai ini, seperti arena bermain anak, warung untuk nongkrong, sampai restoran yang menyuguhkan hiburan live music.


16. Leang-Leang, Maros

leang-leang maros

Lokasi : Jl. Poros Desa Leang-Leang, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Maros. 
Map : Klik Disini
Rute : Menggunakan Pete-pete 05 – turun di Jalan Perintis Kemerdekaan – nyambung pete-pete jurusan Daya – turun di Terminal Daya – naik pete-pete jurusan Maros – turun di terminal Maros – naik pete-pete tujuan Bantimurung – turun di lorong menuju Leang-Leang
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 3.000/orang
Penginapan Terdekat : Nasrul House for Backpacker


Bagi penggemar film Jurassic Park, Leang-leang bisa menjadi salah satu destinasimu ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Tempat ini menyajikan lanskap yang khas seperti era prasejarah, dimana terdapat pegunungan karst yang umurnya sudah ribuan tahun, sekaligus merupakan yang terbesar kedua di dunia!. Di sini juga ada goa prasejarah dan terdapat bukti tapak tangan manusia purba di sini. 



Taman Prasejarah Leang-Leang memiliki pemandangan yang cukup indah, dihiasi dengan tebing-tebing curam yang menjulang tinggi di sekitar taman, perkebunan di seberang jembatan yang ditanami sesuai musim serta pohon-pohon rindang. Taman ini terdapat dua gua (leang) dengan stalaktit yang terus meneteskan air. Tak hanya keindahan alamnya, bersiaplah terkagum-kagum melihat jejak masa lalu di Leang-Leang ini.


17. Bukit Kanari Camba

bukit kanari camba

Lokasi : Baji Pamai, Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 92754
Map : Klik Disini
Rute :
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 50.000/orang
Penginapan Terdekat : Bukit Kenari Hotel and Restaurant, Hotel Bantimurung, Hotel Narman Kompi 2.

Jika Jogja punya beberapa spot tebing yang ramai dikunjungi saat matahari terbit atau tenggelam, Makassar juga nggak mau kalah dengan adanya Bukit Kanari Camba, Maros. Bukit Kanari ini biasanya bakalan ramai oleh pengunjung, jadi harus sabar ya untuk bergantian foto di spot-spot strategisnya. 

Bukit Kanari menyajikan pemandangan yang sangat cantik dari kota Parepare. Hawa dinding dan sejuk ala perbukitan juga menambah sensasi yang menyejukkan. Meski terletak di atas gunung, tapi kurang teduh jadi terasa panas. Jangan lupa bawa topi dan sunglasses guys!. Di bukit ini telah didirikan sebuah hotel Bukit Kenari Hotel and Restaurant yang bisa menjadi tempat singgahmu.


18. Taman Wisata Puncak Bila

taman wisata puncak bila

Lokasi : Jalan Poros Pare Sidrap, Bila Riase, Pitu Riase, Bila Riase, Pitu Riase, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan 91691
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 08.00 - 18.00
HTM : Rp.20.000 (Senin-Jumat) ; Rp. 25.000 (Sabtu dan Hari Libur)
Penginapan Terdekat : Ainullah Home, Rumah IZZI, Pondok Pak Kadir.

Taman Wisata Puncak Bila, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sidrap.Peraih destinasi wisata terbaik Sulsel tahun 2016 itu, memadukan konsep wisata modern dan panorama alam. Ada berbagai wahana disini Seperti waterboom, motor ATV, sepeda air, sirkuit motor cross, flying fox, canoe, dan sepeda raksasa yang diklaim terbesar di dunia. Sepeda tersebut memiliki panjang sekitar 17 meter, dan tinggi sembilan meter.

19. Pulau Kambing

pulau kambing

Lokasi : Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Map : Klik Disini
Cara Kesana : Menyewa speedboat di Pantai Tanjung Bira dengan perjalanan sekitar 20 menit. 
Buka/Tutup : 08.00 - 17.15
HTM : -
Penginapan Terdekat : -
Telepon : 0822-9261-8249


Selain Bunaken, ternyata di Sulawesi ada spot wisata tersembunyi lainnya, namanya Pulau Kambing Tanjung Bira. Jangan berharap di pulau ini akan ditemui banyak kambing, karena ini hanyalah sekedar nama untuk sebuah pulau yang sangat eksotis berada tak jauh dari perairan Tanjung Bira. Pulau Kambing merupakan surga bagi para pecinta kegiatan diving dan snorkeling.



Disini kamu bisa mengisi ulang vitamin-sea yang sudah lama habis. Selain air lautnya sangat jernih, sekitar pantai dikelilingi tebing – tebing terjal, membuat pulau Kambing cukup unik dan menarik untuk dikunjungi. Selain pemandangan bawah laut, kamu juga bisa menikmati keindahan panorama Pulau Kambing dengan menaiki bukit tebing terjal disana untuk sisi keindahan yang berbeda ketika berada di atas tebing ini. Hm....


20. Air Terjun Parangloe

air terjun parangloe

Lokasi : Belapunranga, Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92173.
Map : Klik Disini
Rute : Jalan Poros – Gowa – Malino -  Kantor Dinas Kehutanan Parangloe. Parkir kendaran di sana dan berjalan kaki masuk ke hutan kira kira 2 km dengan waktu sekitar 45 menit. 
Buka/Tutup : -
HTM : -
Penginapan Terdekat : Grand Clarion Hotel & Resort, Villa Pattallassang, Permata Indah Resort.
Telepon : 0853-4263-3633

Air terjun Parangloe atau Air Terjun Bantimurung 2 disebut-sebut menjadi air terjun paling indah, karena struktur bebatuan yang terdapat di sana sangat tersusun rapi dan menjulang tinggi, dan bertingkat. Kawasan air terjun Parangloe juga masih alami karena belum banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Meskipun air terjun ini bisa saja dikatakan sebagai surga yang tersembunyi, namun tempat ini belum cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Karena aksesnya yang sulit, dan ancaman bahaya yang bisa saja mengintai, terutama saat musim penghujan.

Itu adalah wisata pantai di Makassar dan sekitarnya yang populer di kalangan wisatawan domestik dan mancananegara. Mana yang menjadi favoritmu?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel