54 Destinasi Wisata Top di Sulawesi Utara, Mulai yang Populer hingga Tersembunyi

Tempat Wisata di Sulawesi Utara. Mendengar tentang Sulawesi Utara, tentunya terlintas beberapa tempat wisata yang populer dan mendunia, seperti Taman Laut Bunaken, hingga Patung Yesus Memberkati di Manado. 

Bunaken dan Manado mungkin menjadi tempat istimewa di Sulawesi Utara karena wisatanya yang sudah mendunia. Namun jika menelisik lebih dalam lagi, ternyata ada banyak wisata di Sulawesi Utara yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Sebut saja Tomohon, Minahasa dan beberapa daerah lainnya juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sulawesi Utara memang menyimpan alam-alam cantik yang bisa dikunjungi, mulai dari air terjun, gunung, danau, pantai hingga pulau-pulau eksotis yang wajib dikunjungi. Bahkan ada gunung api di bawah laut juga!, waow!.

Nah, tidak hanya Bunaken yang bisa dijadikan tujuan saat wisata ke Sulawesi Utara. Berikut beberapa destinasi tempat wisata di Sulawesi Utara, mulai dari wisata alam hingga wisata kota yang akan melengkapi perjalananmu. Check it out!

1. Taman Nasional Bunaken

Lokasi : Sulawesi Utara 
Cara ke Pulau Bunaken : 
  • Dari Bandara Sam Ratulangi, naik bus untuk menuju ke terminal Pal 2, kemudian naik angkot ke pasar 45, lalu ke Dermaga Kuala Jengki. Dari dermaga naik perahu taksi menuju Pantai Pangalisang sekitar 45 menit, dilanjutkan ojek ke pintu masuk Taman Nasional Bunaken. Bisa juga naik kapal dari dermaga menuju Bunaken dengan tarif yang lebih mahal sekitar Rp. 100-200 ribu. 
  • Melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit. 
  • Menyewa kapal untuk menuju Pulau Bunaken dari Manado. Ada dua pilihan tempat, dari Pasar Bersehati atau Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,-. Tarif lebih mahal jika berangkat dari Marina, yaitu sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 800.000,-. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : Rp.25.000 domestik ; Rp.50.000 Mancanegara 
Penginapan Terdekat : Happy Gacko Dive Resort, Bastianos Bunaken, Mamaling Resort Bunaken. 

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu Taman Nasional tertua, dan merupakan salah satu ikon wisata Kota Manado. Jadi tak heran banyak wisatawan yang menjadikan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu destinasinya.

Disini kamu akan disuguhi aneka jenis ikan sekitar 2.000 jenis serta biota laut, termasuk yang masih langka seperti kura-kura dan dugong. Di Taman Laut Bunaken, kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling maupun diving. Kamu juga bisa berkeliling menikmati lautan dengan menyewa kapal. Pastinya tempat ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa guys!.

2. Pulau Siladen 


Lokasi : Bunaken, Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulawesi Utara 
Cara ke Pulau Siladen : 
  • Berangkat dari Pulau Bunaken dengan menggunakan perahu yang hanya bisa diakses pada pukul 13.00 sampai 15.00 WITA dengan tarif sekitar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per orang. 
  • Menggunakan speed boat yang bisa disewa. Harga sewa speedboat selama satu kali jalan adalah sekitar Rp. 350.000 – Rp. 500.000. Jika ingin menyewa untuk satu hari pulang pergi, perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 700.000 sampai Rp. 900.000. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Jonaths Cottage Bunaken, Bunaken Beach Resort, Bunaken Divers Seabreeze Resort.

Pulau Siladan akan cocok bagi kamu yang ingin mencari suasana segar karena kelelahan dan ingin jauh dari hiruk pikuk kota, karena pulau ini dikenal sebagai pulau wisata yang tenang. 

Merupakan bagian dari Taman Laut Bunaken, destinasi wisata di Sulawesi Utara ini juga memiliki taman laut yang mempesona dengan ikan dan terumbu karang warna warni. 

Jika di Bunaken terkenal akan keindahan laut, Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan bibir pantainya. Banyak wisatawan yang berjemur di pulau ini karena tempatnya yang tenang dan bersih. Pulau Siladen bukan hanya tempat yang bagus untuk berenang saja, tetapi juga tempat yang nyaman untuk snorkeling bagi kamu yang masih pemula.

3. Pulau Manado Tua 


Lokasi : Sulawesi Utara 
Cara ke Pulau Manado Tua : Dari pusat kota Manado menggunakan perahu masyarakat dengan tarif Rp. 25.000 sekali pergi dan hanya menerima penumpang jam 15.00 - 16.00. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :

Pulau Manado Tua memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pulau lain di Taman Nasional Bunaken. Dataran di Pulau Manado Tua berada di dalam air dengan kemiringan 5 hingga 10 meter. Selain itu pulau ini juga terbelah oleh dinding karang yang memiliki kedalaman 25 hingga 50 meter ke dalam dasar laut. 

Taman laut Pulau Manado Tua juga dikenal sangat indah. Biota laut di sini tergolong jarang ditemui. Berbagai jenis ikan hias hingga dugong dan lumba-lumba ada disini. 

Menariknya lagi di pulau ini juga terdapat berbagai lokasi wisata bersejarah, mulai dari Kuburan Raja Mokoditek hingga wisata alam seperti Hutan Lindung, Pantai Raja, Pantai Apeng Gugu, Pantai Apeng Salah, Batu Layar, Batu Pangilolong dan Bua Alo.. Liburanmu dijamin mengasyikkan ketika di pulau ini! 

4. Pulau Lihaga


Lokasi : Gangga Satu, Likupang Bar., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 
Cara ke Pulau Lihaga : 
  • Dari pusat Kota Manado, berkendara ke Serei, Likupang, yang akan memakan waktu selama 90 menit dengan jarak 41 kilometer. Di perkampungan di Serei, lanjutkan perjalanan menggunakan kapal bermotor dari pelabuhan yang ada di sana. 
  • Setidaknya ada dua jenis kapal bermotor di sana. Jenis pertama, kapal motor yang hanya dapat menampung penumpang sebanyak 15-20 orang . Jenis kedua, kapal motor yang bisa menampung penumpang lebih dari 20 orang dengan taris lebih mahal sekitar Rp. 1.000.000. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : - 
Telepon : 082 386 055 440

Walau sudah banyak para petualang yang ke sini, kebersihan dan keindahan nya tetap terjaga asri. Pasir putih yang sangat halus, serta air laut yang biru jernih, akan membuatmu betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. 

Ombaknya yang tenang memudahkanmu untuk melakukan snorkeling dan diving di sekitar Pulau Lihaga ini. Saat musim kemarau adalah saat yang paling tepat untuk datang ke Pulau Lihaga. Jangan salah pilih waktu guys! 

5. Pulau Lembeh


Lokasi : Kota Bitung, Sulawesi Utara. 
Cara ke Pulau Lembeh : 
  • Dari Kota Bitung naik ferry ke Pulau Lembeh dengan tarif Rp50.800/mobil penumpang biasa, pick-up/truck Rp87.900, Rp13.000/motor. Semua itu di luar biaya penumpang yang dikenakan rp5.350/orang. 
  • Menggunakan perahu taksi bermotor tempel dengan tarif Rp5.000,-/orang/trip dan bagi yang membawa sepeda motor dikenakan biaya Rp10.000,-/unit/trip. 
  • Menyewa perahu taksi motor tempel sehari sekitar Rp. 600.000 
Buka / Tutup : 24 Jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Bastianos Lembeh Dive, Summer Hotel, Bastianos Lembeh Dive.

Di Pulau Lembeh, kamu pun bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang bisa kamu jelajahi dengan cara menyelam, dengan jumlah sekitar 88 spot penyelaman yang bisa kamu pilih. 

Tidak heran jika setiap hari destinasi di Sulawesi Utara ini selalu dikunjungi para wisatawan yang hanya ingin mencicipi bagaimana kelezatan menu bawah air selat Lembeh dengan beragam jenis ikan, karang laut dan lainnya. 

6. Pulau Ponteng


Lokasi : Rinondoran, Likupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : Masuk Desa Wisata Tumbak Rp5.000. Parkir Rp10.000. Sewa Perahu + Pemandu Lokal Rp800.000. Penginapan/Homestay mulai Rp100.000/malam. 

Pulau ini sangat kecil, tapi tunggu dulu!, pesonanya tidak sekecil bentuknya. Bukit landai yang menjulang di salah satu sisi pulau serta pasir putih dan jernihnya laut biru bergradasi yang membingkai pulau ini benar-benar layak untuk diabadikan. Mirip sekali dengan Pulau Kenawa di dekat Sumbawa, NTB.

Jangan lupa mencoba menyelami perairan di sekeliling pulaunya. Beragam jenis ikan laut dan terumbu karang yang ciamik mampu menawarkan pesona tersendiri bagi siapapun dan tentunya kamu akan jatuh hati di pulau kecil ini.

7. Pulau Mahoro 


Lokasi : Tapile, Siau Tim. Sel., Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara. 
Cara ke Pulau Mahoro : Dari pelabuhan Ulu Siau menggunakan speed boat atau perahu nelayan bermesin katinting dengan waktu yang ditempuh 15 – 45 menit saat laut tidak bergelombang.
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :

Keindahan dan keunikan Pulau Mahoro untuk saat ini memang belum ada yang mengalahkan. View alamnya yang masih alami memanjakan mata memandang. Dari bibir pantai pasir putih yang belum tercampur dengan sampah, pemandangan dibawah laut yang dapat ditemukan tak jauh dari bibir pantai. 

Pulau Maharo mampu memikat hati sejumlah artis Korea untuk datang ke sini dan melakukan syuting acara Law of The Jungle, sebuah reality show terkenal asal Korea. 

Air ombak yang begitu tenang seperti kolam membuat kita berenang tanpa khawatir terseret ombak. Di Pulau Mahoro juga terdapat sebuah goa batu yang menjadi tempat bersarangnya burung walet yang dengan alami terbentuk. Berada di salah satu destinasi di SUlawesi Utara ini bagaikan berada di sebuah pulau dengan alam liar nan cantik. 

8. Air Terjun Kima Atas


Lokasi : Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 08.00 - 16.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Living Peace Hotel, Jopes Homestay.

Menjelajah wisata alam di Manado rasa-rasanya kurang komplit tanpa ada berkunjung ke air terjun populer yang satu ini. Sudah banyak yang menjadi saksi keindahan air terjun ini tidak hanya bagi turis local bahkan turis mancanegara turut takjub dengan keindahan yang dihadirkan Air Terjun Kima Atas ini.

Obyek wisata ini memiliki panorama yang unik yakni air terjun yang memiliki 3 tingkat. Air terjun ini juga mempunyai air yang bening, bersih dan masih sangat alami. 

Air terjun ini selain indah juga masih sangat terjaga kebersihannya membuat kita bisa memperoleh hasil potret yang unik, indah dan alami. Jadi jangan lupakan tempat wisata di Sulawesi Utara satu ini guys!.

9. Air Terjun Tekaan Telu Regesan / Air Terjun Tinoor


Lokasi : Tinoor Satu, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Highland Resort & Nature, Onong Palace.
Telepon : 0895-1550-7588

Inilah surganya air terjun di seantero wilayah Minahasa, Air Terjun Tinoor. Di sini ada beberapa air terjun yang bertemu dan membentuk untaian benang putih nan halus di antara batu-batuan alam. Rasanya bagaikan di surga!. 

Bagi kamu yang gemar petualangan dan gemar berfoto, sangat cocok untuk kesini karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa mencapainya. Alamnya masih asri dan alami, selain itu beberapa air terjun yang bertemu di satu titik sangat cocok diabadikan dengan kamera.

10. Air Terjun Pontak


Lokasi : Desa Pontak, Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow. 
Buka / Tutup : 24 jam. 
HTM :

Air Terjun Pontak adalah salah satu objek wisata alam potensial yang sering dikunjungi wisatawan lokal. Daya tarik utama objek adalah air terjun dengan ketinggian 7 meter membentuk kolam pemandian alami dengan kondisi air tawar yang jernih, dingin dan segar. 

Kondisi lingkungan masih asli dan bersih. Obyek wisata ini sering penuh di hari-hari libur karena banyak yang meluangkan waktu untuk mandi dan bersantai. Kalau kamu ingin menikmati alam sejenak, jangan lewatkan tempat wisata di Sulawesi satu ini juga guys!

11. Air Terjun Tumimperas


Lokasi : Pinaras, Tomohon Sel., Kota Tomohon, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Greenlake Bungalows Linow, Leos Hotel - Tomohon.

Mau mendengarkan suara merdu? Langsung saja sambangi Air Terjun Tumimperas. Menurut sejarah sejak zaman Kolonial Belanda (1880), air terjun ini sudah terkenal. Suara air jatuh dan kemudian menimpa batu-batu dan menimbulkan suara merdu dalam bahasa daerah Tombulu disebut “tumimperas”.

Untuk mencapai air terjun, diperlukan tenaga untuk menuruni 800 anak tangga, tapi tenang saja! Tangganya sudah mulus diaspal dan tersedia pegangannya. Tinggi air terjun Tumimperas ini 70 meter dengan panorama yang mempesona. Jangan lewatkan untuk kesini ya guys!

12. Air Terjun Kadadima


Lokasi : Laine, Manganitu Selatan, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : -

Kamu pernah membayangkan satu lokasi dengan tiga air terjun? Langsung saja langkahkan kaki ke Air Terjun Kadadima. Keunikan air terjun ini karena terdapat 3 air terjun yang bernama Nahepese, Elong dan Matei yang masih merupakan satu aliran sungai yang sama. Ketiga air terjun itu pun memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Nahepese dengan struktur yang sempit dan dangkal, Elong dengan airnya yang jernih, dan Matei dengan bentuknya yang tegak dan terjun begitu saja. Berbeda dari air terjun yang lain, karena air terjun ini tidak memiliki kubangan (danau dalam) yang begitu dalam, jadi masih aman untuk digunakan untuk wisata air. Debit airnya juga cukup deras namun tidaklah keras. 

13. Pantai Malalayang


Lokasi : Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Kolongan Beach Hotel, MY PLACE Kost & Guest House.
Telepon : 0896-5558-3818

Pantai Malalayang memiliki banyak hal yang menarik untuk di nikmati. Diantaranya taman laut yang masih alami dengan berbagai jenis koral warna warni dan spesies ikan berbagai jenis. Pantai ini menjadi satu-satunya tempat wisata rakyat yang murah meriah, karena aksesnya dekat dan mudah ditempuh.

Struktur pantainya dipenuhi dengan batu-batu hitam, seperti batu kali (sungai) yang keras serta terdapat disepanjang pantai. Kondisi ombaknya pun relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai. 

Kamu juga bisa menemukan banyak kuliner khas dengan harga yang ramah di kantong. Rasakan sensasi sambal dabu-dabu yang terkenal itu disini sambil menikmati pemandangan pantai yang menawan. 

14. Pantai Lakban


Lokasi : Ratatotok Tim., Ratatotok, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Penginapan LINI, Penginapan Ratatotok.

Bagi pecinta dunia fotografi, Ratatotok merupakan salah satu tempat pemotretan terbaik di Sulawesi Utara, salah satunya adalah Pantai Lakban. Keindahan pantai ditambah dengan pagar pohon kelapa yang memanjang mengikuti garis pantai ini. Pemandangan indah juga terpajang di depan pantai, deretan pulau di semenanjung Ratatotok berjajar indah dihadapan pantai.

Pantai Lakban memiliki daratan pantai yang cukup landai dan cukup bisa disebut datar jika dibandingkan dengan pantai pada umumnya, daerah landainya lebar sehingga memungkinkan wisatawan yang datang untuk melakukan beberapa permainan olahraga.

Menikmati pantai juga bisa dilakukan dengan duduk santai di pondok-pondok yang telah disediakan, duduk sambil menggelar tikar juga tidak kalah asyik apalagi ditemani dengan memesan sebuah es kelapa muda. 

15. Pantai Tangonggor


Lokasi : Tangonggor, Tulap, Kombi, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 17.00 - 23.59 
HTM :
Penginapan Terdekat : KANZO Beach Resto & Cafe

Pantai Tangonggor masih dekat dengan pantai Pekaretan dan pantai Kora kora, hanya berjarak kira-kira 1.5 km sebelah utara pantai Pekaretan, berpasir putih dan masih asri. Dengan keindahan pantai yang masih alami dan asri ini kamu dapat duduk dipantai sambil bersantai

Kamu juga dapat menikmati pemandangan kapal-kapal penumpang yang lewat dari dan menuju ke Pelabuhan Bitung, maupun menikmati indahnya pemandangan pulau Lembeh dan Gunung Dua Saudara dari kejauhan. 

16. Patokan Beach Jiko


Lokasi : Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. 
Cara kesana : Untuk mencapai Patokan Beach & Tanjung Pilar, bisa melalui dua titik, yaitu lewat desa Molobog atau Desa Jiko. Kemudian menempuh perjalanan kira-kira 10 menit dengan menggunakan perahu, dengan tarif Rp 20 ribu per orang.
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Chimoki Beach, Hotel Sutan Raja.

Pantai Patokan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meski Pantai patokan masih tergolong wisata baru dan mulai dikenal publik, namun keindahannya digadang-gadang menyerupai pantai May bay yang ada di Phuket Thailand. 

Keindahan pantai patokan sendiri terlihat dari adanya 2 buah tebing besar yang mengapit sebuah pantai berpasir putih dengan deburan ombak laut yang jernih. Tebing-tebing pasir yang kokoh mengelilingi sebagai pantai. Tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh rerumputan liar ini menjadi pemandangan kesan liar pada pantai ini. 

17. Pantai Abadi


Lokasi : Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : - 
Penginapan Terdekat : Chimoki Beach, Hotel Sutan Raja.

Pantai Abadi adalah satu destinasi wisata yang kini mulai jadi pilihan favorit masyarakat Sulawesi Utara untuk dikunjungi, terutama pada hari-hari libur. Pantainya berpasir putih dengan kombinasi batuan yang terbentuk secara alami. Sehingga kamu bisa menemukan sebuah hamparan pasir putih lembut bagaikan bedak ketika berada di sana. 

Bukan hanya lembut bagaikan bedak saja, namun pasir putihnya juga cukup luas. Sehingga kamu bisa puas bermain pasir beserta menikmati suasana pantai khas. Belum lagi adanya pemandangan tebing bebatuan yang bisa digunakan sebagai latar belakang dalam foto.

18. Pantai Canada, Bitung 


Lokasi : Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Renny's Tangkoko Safety, Lembeh Resort Dive.

Pantai Kanada letaknya cukup tersembunyi di Kota Bitung. Satu-satunya alasan mengapa nama pantai ini Kanada adalah dulu pernah ada warga negara Kanada yang pernah mengelola tempat ini.

Pantai Kanada memiliki pasir yang berwarna putih nan lembut. Butiran pasirnya pun halus. Di bibir pantai, naungan pohon-pohon menciptakan suasana asri dan sejuk buat siapapun yang datang. Pantai ini juga dihiasi oleh batuan-batuan karang yang ukurannya cukup besar. Meski masih perawan, akses jalan menuju ke pantai ini masih rusak parah. 

19. Taman Laut Tumbak


Lokasi : Tumbak, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara 
Cara ke Taman Laut Tumbak : Dari Kota Manado dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam sedangkan dari Kota Amurang perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Cottage di tengah laut.

Keindahan bawah laut di Tumbak tidak kalah mengagumkan dengan keindahan taman laut Bunaken yang sudah terkenal seantero dunia. Di Tumbak saat ini ada sekitar 20 titik snorkling dan diving. Beberapa diantaranya yaitu napo kipas, bohaga mangrove, bohaga kecil, MFT 1, MFT2, taman karang dan pintu samudra.

Pemandangan bawah laut begitu indah dengan ratusan spesies ikan beragam jenis. Selain itu kamu juga akan dimanjakan dengan hamparan karang luas, baik hardcoral maupun soft coral seluas kurang lebih 100 hektar dengan berbagai bentuk coral yang cantik dan berwarna warni. 

20. Bukit Kasih Kanonang 


Lokasi : Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 08.00 - 18.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Miracle Homestay

Bukit kasih adalah bukit belerang yang masih aktif dan memiliki atmosfer yang dingin. Bukit kasih merupakan simbol perdamaian dan kerukunan antar umat beragama. Dibangun pada tahun 2002 sebagai pusat spiritual di mana para penganut agama dari berbagai agama dapat berkumpul, bermeditasi dan beribadah berdampingan di bukit tropis yang rimbun dan berkabut.

Untuk mencapai Bukit, kamu harus menaiki anak tangga yang cukup panjang. Di beberapa titik jalur anak tangga terdapat kolam belerang di sisi kiri dan kanan. Setibanya di puncak, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Kemudian, kamu dapat melihat lebih dekat keberadaan kelima rumah ibadah di puncak ini. 

21. Bukit Doa Tomohon 


Lokasi : Kakaskasen Tiga, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : Senin-Jumat 09.00 - 17.00 ; Minggu 10.00 - 17.00. 
HTM :
Penginapan Terdekat : Jhoanie Hotel, Gardenia Country Inn.

Bukit Doa Tomohon salah satu objek wisata alam sekaligus tempat wisata religi, khususnya bagi umat kristiani di Tomohon. Bukit ini berada tepat di bawah kaki Gunung Mahawu, sehingga memiliki udara yang sejuk, dan alam yang indah khas suasana pegunungan. Bukit Doa Tomohon juga sering disebut Jalan Salib Mahawu.

Untuk menaiki bukit diharuskan berjalan kaki hingga ke puncaknya. Sedikit melelahkan, tapi sebanding dengan apa yang akan disajikan ketika kita sampai di atas puncak Bukit Doa. 

Pemandangan di puncak Bukit Doa sungguh memukau. Di puncak bukit terdapat Chapel of Mother Mary atau Kapel Maria. Bentuknya yang tak seperti gereja-gereja biasa, membuat gereja ini menjadi spot favorit untuk berfoto.

22. Bukit Tondok


Lokasi : Desa Moaat, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.
HTM : Rp. 5.000 

Dari atas puncak bukit Tondok, sejauh mata memandang adalah pegunungan dan perbukitan hijau yang pastinya akan memikat hati. Ditambah lagi dengan adanya Danau Tondok yang bisa kamu nikmati dari ketinggian. 

Suasananya sejuk, tenang, asri, damai, dan masih belum terlalu ramai. Hiruplah udara segar pegunungan dan resapilah ketenangan yang alam berikan.

23. Keletambal Bojoh Hill


Lokasi : Kuyanga, Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. 
HTM :
Penginapan Terdekat : Ottays Family, Hotel & Kost Uta Rengke. 
Telepon : 0813-4049-6520 

Keletambal Bojoh merupakan tempat yang menyenangkan karena memiliki pemandangan yang indah dan memukau mata kamu. Dikelilingi dengan pemandangan Gunung Soputan serta Gunung Manimporok membuatmu betah berlama-lama di tempat ini. Terdapat juga beberapa fasilitas Seperti ayunan, gubuk, dan lain sebagainya yang membuatmu malas pulang. 

24. Puncak Lose (Pusunge Tahuna) 


Lokasi : Lenganeng, Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. 
HTM :
Penginapan Terdekat : Hattarua Guesthouse, Hotel Tahuna.

Puncak Lose yang merupakan kawasan pegunungan mengitari Kota Tahuna. Kawasan ini menjadi primadona destinasi wisata di wilayah Kepulauan. Pemandangan kawasan kota Tahuna dengan Teluk Kota Tahun, sunrise serta sunset menjadi sajian indah nan menawan bagi setiap pasang mata ketika berada di kawasan Puncak Lose. 

Pada saat-saat tertentu kawasan ini juga mampu menyajikan pemandangan tampil beda seakan negeri di awan, tak kalah kabut akan menutupi puncak Lose. 

25. Puncak Tetetana Kumelembuai 


Lokasi : Suluan, Tombulu, Suluan, Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 08.00 - 18.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Candlenut Treehouse, Villa Bella.
Telepon : 0821-8744-9980

Puncak Tetetana menawarkan pemandangan eksotis dari ketinggian. View yang ditawarkan adalah Kota Manado secara keseluruhan. Sebelum tiba di Puncak Tetetana, kamu akan disuguhi dengan suasana sejuk di Kumelembuai. Di Kumelembuai hingga Puncak Tetetana yang bisa kita lihat adalah tanaman kol yang berderet rapi.

Waktu terbaik untuk menikmati Puncak Tetetana adalah sore hari. Karena, kita bisa melihat sunset dengan jelas. Selain itu, kita berfoto dengan beberapa spot keren. Seperti Kota Manado lengkap dengan pantainya yang keren. Ada juga spot dengan latar belakang Gunung Klabat. Keren kan!

26. Gunung Mahawu


Lokasi : Kakaskasen Satu, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Cara ke Gunung Mahawu : Dari Manado, diperlukan waktu sekitar satu jam dengan kendaraan roda dua hingga ke Kota Tomohon. Dari Pasar Beriman Tomohon, Mahawu bisa dicapai sekitar 15 menit melalui jalan berkelok ke lokasi agrowisata Rurukan. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Jhoanie Hotel, Candlenut Treehouse. 

Mahawu merupakan satu dari dua gunung berapi yang dimiliki Kota Tomohon. Satunya lagi adalah Gunung Api Lokon (1.580 mdpl). Namun berbeda dengan Lokon yang hampir tiap tahun meletus, Mahawu relatif aman dan bahkan bisa dikategorikan gunung api tidak aktif. Untuk mencapai puncak Mahawu dan menikmati kawah gunung api itu relatif mudah pula.

Tidak hanya pemandangan alam disajikan di Mahawu, tetapi bagi penggemar foto burung, kawasan hutan Mahawu memiliki koleksi berbagai burung yang indah dan layak difoto. Tak heran banyak turis mancanegara khusus datang ke kawasan Mahawu hanya untuk memotret berbagai burung yang ada di sana.

27. Gunung Ambang


Lokasi : Bongkudai Utara, Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam. 
HTM : Rp. 2.500 
Penginapan Terdekat : Modoinding Lodge

Untuk para pecinta alam, tak ada salahnya jika kamu mencoba mendaki Gunung Ambang. Banyak sekali keunikan yang bisa kamu temui sepanjang jalan sampai mencapai ke atas puncak gunung. Mulai dari binatang endemik, seperti burung, anoa, babi hutan, ular dan binatang lainnya masih ada dan tersebar luas di kawasan Gunung Ambang ini.

Banyaknya keindahan alam yang dapat kamu nikmati jika sudah berada di Gunung Ambang ini memang benar-benar membuat kamu serasa tak ingin pulang kerumah. Dari atas puncak gunung kamu bisa menikmati panorama yang sangat luar biasa, dari ketinggian 1795 mdpl.

28. Gunung Dua Saudara 


Lokasi : Kadoodan, Madidir, Kota Bitung, Sulawesi Utara. 
Cara ke Gunung Dua Saudara : Dari Manado ke Bitung, dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi atau bus umum dari terminal Paal Dua atau Terminal Karombasan. 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM : Rp. 85.000/asing ; Rp. 75.000/domestik 
Penginapan Terdekat : Hotel Bahari Family, Nalendra Kharisma Hotel.

Puncak Gunung Dua Saudara ini memiliki ketinggian 1.351 meter diatas permukaan laut atau Mdpl. tiga puncak utama di wisata yang satu ini diberi nama taman nasional tangkoko, batu angus dan gunung dua saudara. 

Dua puncak Gunung Dua Sudara menciptakan lanskap yang khas dan indah, sangat cocok diabadikan ke dalam bidikan kamera. Keduanya terlihat jelas dari pesisir Selat Lembeh.

Lereng kaki Tempat Wisata Gunung Dua Saudara ini dipenuhi oleh pohon enau yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Disini ada juga hewan endemik seperti tarsius dan burung maleo. banyak turis datang ke gunung dua saudara untuk melihat hewan-hewan disini.

29. Gunung Api Banua Wuhu 


Lokasi : Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. 

Banua Wuhu adalah gunung berapi yang berada di dasar laut dengan ketinggian 400 meter dari dasar laut. Titik kepundan gunung ditandai oleh keluarnya gelembung di antara bebatuan pada kedalaman 8 meter. Suhu air rata-rata di sana 37-38 derajat Celsius. 

Di sejumlah lubang, keluar air panas yang tampaknya mampu membuat tangan telanjang melepuh bila coba-coba merogoh ke dalamnya. Kehidupan biota laut disini tak kalah menarik. Koloni terumbu karang yang rapat dan sehat terhampar di kedalaman 10 meter hingga 20 meter. Dari beberapa bagian terumbu karang tersebut muncul gelembung-gelembung hasil aktivitas vulkanik. 

Maka sangat tidak disarankan menyelam tanpa menggunakan peralatan safety guna menghindari kontak langsung pada gelembung ataupun lubang gelembung bersuhu tinggi tersebut. 

30. Gunung Payung 


Lokasi : Mopolo, Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 24 jam 
Penginapan Terdekat : Ruma Lisa Sondakh, Jerky Palandi, Yuvel Home. 
Telepon : 0897-5575-765 

Gunung payung menjadi tempat wisata eksotis dengan pemandangan hamparan awan di kaki gunung. Bagi kamu yang penasaran dengan pesona lautan awan tebal di tempat yang tidak begitu tinggi, cukup mendaki Gunung Payung dengan ketinggian 574 mdpl. Dari ketinggian itu sudah bisa mengabadikan foto dan video pesona awan tebal dan matahari terbit sekaligus. 

Konon katanya gunung payung ini dahulu pada masa perang Permesta, tentara-tentara atau pasukan gerilya menjadikan tempat ini sebagai tempat berlindung, itulah sebabnya mengapa tempat tersebut diberi nama Gunung Payung. 

31. Gunung Tumpa 


Lokasi : Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara 
Penginapan Terdekat : Bahowo Lodge, The 4 Fish, Kima Bajo Village. 

Memiliki ketinggian 750 meter di atas permukaan air laut menjadikan gunung ini memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Gunung Tumpa Adalah hutan lindung yang terdiri dari berbagai pepohonan yang di dalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna eksotis. 

Gunung Tumpa ini memang telah menjadi primadona dan terkenal di kalangan masyarakat Manado. Di kawasan gunung yang ditetapkan sebagai hutan lindung ini terdapat bangunan bukit doa. Pada hari-hari tertentu, Gunung Tumpa dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan wisata religi. 

32. Danau Tondano 


Lokasi : Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 24 jam 
HTM :
Penginapan Terdekat : Moy Residence Tondano, Cottage de Tondano. 

Tondano adalah danau terluas di Sulawesi Utara. Ada 3 gunung dan 1 bukit yang memutari area sekitar danau yaitu, Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu. Danau Tondano terkenal kaya akan ikan tawar, ikan seperti mujair dan sepat menjadi ikan yang paling banyak terdapat di danau seluas 4000 hektar ini. 

Suasana di sekitar danau pun terasa begitu sejuk meskipun siang hari terasa begitu terik. Tidak heran beberapa penginapan di sini menawarkan pemandangan langsung menghadap danau. Penginapan ini mulai ada sejak tahun 90-an saat wisata alam ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

33. Danau Linow 


Lokasi : Lahendong, Tomohon Sel., Kota Tomohon, Sulawesi Utara. 
HTM : Rp. 25.000 
Penginapan Terdekat : Greenlake Bungalows Linow 

Sunyi dan menenangkan menjadi suasana yang bisa didapatkan di Danau Linow. Selain eloknya keindahan, cuaca di kawasan danau juga sangatlah sejuk. Berkeliling di tepian danau menjadi aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini. Namun jangan coba-coba untuk berenang karena kandungan belerang tinggi bisa berakibat fatal. 

Berkunjung ke danau ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Memandangi keindahan danau alami yang tersaji lalu mengabadikannya dalam Kamera menjadi kenangan yang mungkin tidak terlupakan di sini. Kecantikan dan ketenangan Danau Linow memang layak untuk di ingat selamanya. 

34. Danau Cinta Pulau Makalehi 


Lokasi : Kab.Kepl. Sitaro, Sulawesi Utara,, Makalehi, Siau Bar., Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara 
Cara ke Danau Cinta Pulau Makalehi : Dari Kota Manado bisa ditempuh dengan kapal cepat menuju Pelabuhan Siau. Kemudian dari Siau menuju Pelabuhan Pehe. Setelahnya, barulah naik kapal menuju Pulau Makalehi.  
HTM :

Dinamakan Danau Cinta karena bentuk penampangnya terlihat bagaikan simbol hati. Untuk dapat melihat danau ini, anda harus berjalan selama sekitar 30 -60 menit menuju bukit. Dari atas bukit akan tergambar jelas simbol hati berwarna kehijauan dengan tepi-tepian yang berwarna senada namun lebih cerah. 

Sekilas tampak seperti simbol hati yang berbinar. Pemandangan semakin mengagumkan karena danau dikelilingi hijau pepohonan dan perbukitan. Setelah puas menikmati danau dari atas bukit, kamu bisa turun ke danau untuk berenang dan bermain air. Air yang jernih dengan berbagai ikan yang jelas terlihat menambah kepuasan perjalanan. 

35. Danau Mooat 


Lokasi : Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara 
Cara ke Danau Mooat : Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa tour. Mengingat transportasi umum menuju Danau Moat relatif sulit. Dari Kotamobagu berjarak sekitar 17 Km. 
Penginapan Terdekat : Modoinding Lodge. 

Danau ini terbentuk dari bekas kawah gunung purba dan merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang. Sesampainya di Danau Mooat, kamu akan disambut dengan udara segar dan pemandangan yang menakjubkan. Air jernih danau dengan perpaduan dari berbagai pemandangan alam yang menyejukkan, akan memanjakan mata. 

Gemar memancing?, kamu bisa melampiaskan kegemaranmu di danau ini. Terdapat beberapa jenis ikan tawar yang hidup di Danau Mooat, seperti ikan sidat (ikan sogili), ikan nilem dan ikan mas. Jika mendapatkan ikan sidat, sebaiknya dilepas karena ikan sogili merupakan ikan yang dilindungi dan terancam punah. 

36. Museum Negeri Manado 


Lokasi : Jl. W.R. Supratman No.72, Lawanggintung, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 08.00 - 16.00 
Penginapan Terdekat : Airy Wenang Maleosan BW Lapian Enam 2, Istanaku Guesthouse. 
Telepon : (0431) 862685 

Memiliki gedung tiga lantai yang dibangun dengan arsitektur rumah adat Minahasa dan diresmikan pada 9 Januari 1991, Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara Manado ini merupakan museum daerah dengan koleksi budaya cukup banyak. Setidaknya 500 koleksi yang dipajang setiap harinya di Gedung Pameran Tetap, dari 2800 lebih yang dimilikinya. 

Di halaman Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara ini diletakkan beberapa koleksi benda budaya Minahasa kuno seperti Waruga, dan benda budaya masyarakat Minahasa lainnya., seperti peralatan penangkap ikan tradisional Minahasa. Kemudian ada meja dan kursi yang digunakan Pahlawan Nasional Maria Walanda Maramis, patung tokoh pahlawan dan sebagainya. 

37. Ekowisata Mangrove 


Lokasi : Mawali, Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara. 
HTM : Rp. 2.500 
Penginapan Terdekat : NAD Lembeh Resort, Lembeh Resort Dive Resort & Spa. 

Selain wisata bawah laut, lokasi lain yang bisa dikunjungi di Pulau Lembeh adalah kawasan ekowisata mangrove di kelurahan Pintu Kota, kecamatan Lembeh Utara. Kawasan ekowisata mangrove Pintu Kota memiliki luas 4 hektar. Di sana, terdapat 4 jenis mangrove, yang terdiri dari Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Sonneratia alba dan Sonneratia caseolaris. 

Di dalam kawasan, kamu dapat bersantai di gazebo atau berfoto-foto dengan latar tumbuh-tumbuhan mangrove. Lebih ke dalam lagi, kamu bisa menyaksikan laut yang diapit 2 bukit. Lokasi ini juga menjadi tempat ideal untuk mengabadikan kenangan. 

38. Jembatan Soekarno Manado 


Lokasi : Jl. Boulevard II, Kota Manado, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 24 jam 
Penginapan Terdekat : Hotel Wisata, Marina Hotel Manado 

Jembatan Soekarno kini menjadi ikon Kota Manado dan spot foto terpopuler di Kota Manado. Bila kamu berdiri di atas jembatan ini, pemandangan Pulau Manado Tua terlihat indah dengan gunung yang menjulang di tengah-tengah laut Teluk Manado. 

Jembatan Soekarno total mempunyai panjang 1,127 km. Lokasi ini menjadi tempat asyik untuk menanti pemandangan sunset, melihat tenggelamnya sang mentari terbenam di ufuk barat. 

39. Kawasan Patung Yesus Memberkati 


Lokasi : Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 
HTM :
Penginapan Terdekat : Golden Lake Resort, Airy Winangun Dua Sulawesi 2 Manado. 
Telepon : (0334) 7828473 

Bukan cuma Brasil yang punya ikon patung Yesus. Kota Manado juga punya dan tak kalah cantik, namanya Patung Yesus Memberkati. Patung setinggi 30 meter ini menjadi simbol kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara. 

Untuk bisa melihat monumen ini wisatawan bisa masuk ke dalam Perumahan Citraland. Dari sini, tampak depan Monumen Yesus Memberkati akan terlihat jelas sekaligus Gunung Klabat yang menjulang tinggi. 

Jika ingin sisi yang berbeda, memutarlah lalu masuk ke jalan utama, kamu akan menyaksikan sisi lain patung yang berdiri miring dengan jubahnya yang membentang berkibar seakan tertiup angin. 

40. Kerajinan Keramik Pulutan 


Lokasi : Pulutan, Remboken, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 
HTM :
Penginapan Terdekat : GreenLake Bungalow Linow. 

Desa Pulutan adalah sebuah desa yang sukses mengembangkan kerajinan keramik hasil penyuluhan pengrajin keramik se-Indonesia. Di sepanjang jalan Desa Pulutan, ada cukup banyak rumah-rumah seperti ini yang memajang, lebih tepatnya mungkin meletakkan, benda-benda hasil kerajinan Keramik Pulutan yang setengah jadi maupun sudah jadi di teras dan halaman depan rumahnya. 

Seni tradisional membuat Keramik Pulutan diajarkan secara turun temurun di Desa Pulutan dan kemudian mulai dikembangkan teknik pengglasiran, dan mengeksplorasi desain untuk meningkatkan kualitasnya agar menghasilkan produk keramik dengan kualitas eksport. 

41. Kampung Cina 


Lokasi : Jl. D. I. Panjaitan No.48-6, Calaca, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 
Penginapan Terdekat : OYO 970 Riverside Hotel, Plaza Hotel, Hotel Regina Manado. 

Kampung Cina Manado, salah satu perkampungan di Kota Manado yang mempunyai ciri khusus. Salah satu sisi menarik yang barangkali luput dalam ingatan, di sinilah tempat lahir berbagai komunitas atau organisasi olahraga. Terutama olahraga beladiri. Salah satu identitas yang tersisa dari Kampung Cina adalah olahraga beladiri Wushu atau Kungfu. 

Disini pula terletak Klenteng Ban Hing Kiong, yang dibangun pada tahun 1819. Di Kampung Cina ini juga setiap tahun, rutin diselenggarakan Perayaan Cap Goh Me. Untuk dapat menikmati arsitektur bangunan-bangunan tua tersebut, datanglah pada pagi sekali. Sebab menjelang siang, kepadatan kendaraan di jalan yang terhitung sempit di Kampung Cina, akan menghalangi bangunan-bangunan tersebut. 

42. Modoinding 


Lokasi : Minahasa utara, Sulawesi Utara 
Penginapan Terdekat : Modoinding Lodge 

Daerah yang terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan meliputi 10 desa ini punya potensi agrowisata nan indah. Modoinding yang terdiri dari perbukitan dengan suhu yang adem itu sangat cocok untuk segala jenis tanaman hortikultura. Sudah sejak lama Modoinding dikenal sebagai penghasil sayur-mayur berkualitas bagus. 

Hampir semua desa yang ada di Modoinding menyimpan potensi wisata dengan kearifan lokal serta kekhasan alam masing-masing.Dan jangan kaget pula, jika berbagai kuliner ekstrem dijual bebas disini, sebut saja seperti daging ular, daging kodok, daging anjing, dan berbagai kuliner yang tidak terbayangkan sebelumnya. 

43. Kawasan Boulevard Manado 


Lokasi : Jl Piere Tendean, Kecamatan Sario, Manado. Sulawesi Utara 
Penginapan Terdekat : Boulevard Hotel, Hotel Biz Boulevard 

Salah satu kawasan wisata di Kota Manado, Sulawesi Utara, yang penduduknya sering disebut sebagai “smiling people” karena keramahannya adalah Kawasan Boulevard. Pada malam hari, kawasan ini merupakan pusat kuliner yang tak hanya menghidangkan masakan Manado, tapi juga makanan seperti nasi goreng, gado-gado, bakso, dan ragam makanan lainnya dengan harga yang relatif murah. 

Kawasan wisata ini mempresentasikan Manado sebagai kota wisata pantai dan kuliner. Panorama alam seperti Pulau Manado Tua ditengah lautan bisa terlihat ketika sedang menikmati makanan. Jangan lewatkan pula pemandangan terjadinya sunset yang terlihat dengan jelas dari kawasan ini. 

44. Rumah Alam Adventure Park Manado 


Lokasi : Jl. Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 10.00 - 18.00 
HTM : Rp. 35.000 
Penginapan Terdekat : Rumah Noe, Novotel Manado Golf Resort & Convention Center. 
Telepon : 0811-4353-155 

Ingin wisata keluarga dan menciptakan momen liburan berkesan? datang saja ke Rumah Alam Manado Adventure Park. Rumah Alam Manado Adventure Park adalah sebuah tempat wisata berbasis alam yang terletak di kawasan hutan kota. Tempat seluas 10 hektar ini masih tergolong objek wisata baru. 

Mengusung konsep “back to the nature”, wisata ini menyuguhkan alam terbuka dengan kontur perbukitan hijau rimbun di sekelilingnya. Udaranya segar sehingga cocok untuk melepaskan kepenatan. Kamu juga bisa mencoba berbagai wahana untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga atau sahabat. 

45. Arung Jeram Desa Timbukar 


Lokasi : Timbukar, Sonder, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 08.00 - 15.00 
HTM : Mulai Rp.175.000 - Rp. 375.000 / orang 
Penginapan Terdekat : Miracle Homestay, Greenlake Bungalow Linow. 

Sungai Nimanga di Desa Timbukar menjadi salah satu primadona wisata unggulan di Minahasa dengan jeram-jeram nya yang menantang untuk di arungi. 

Sungai Nimanga ini mempunyai karakter sungai yang cukup unik dan sangat berbeda dengan sungai lain dan cukup aman untuk para pemula tentunya. Dengan kombinasi view alam hutan dan perkebunan menambah menariknya kegiatan arung jeram di Desa Timbukar Minahasa. 

Kamu akan merasakan goyangan dan goncangan jeram-jeram Sungai Nimanga, dan menikmati keindahan alam serta tebing di kiri dan kanan, jarak dari tempat start ke tempat finish 9 km memakan waktu 2-2,5 jam. Dalam perjalanan balik ke tempat start kamu akan menikmati pemandangan desa/kampung Tangkunei serta melihat pertambangan "batu bunga". 

46. Arung Jeram Sawangan 


Lokasi : Sawangan, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara 95371 
Buka / Tutup : 09.00 - 15.00 
HTM : Rp. 250.000 - Rp. 350.000 /orang 
Penginapan Terdekat : Minahasa Bed & Breakfast, Bunga Matahari. 
Telepon : 0812-4158-0511 

Wisata Arung Jeram Sawangan akan memberikan perasaan yang berdebar-debar, dengan denyut jantung yang kian melonjak ketika telah memulai aksi melewati kawasan sungai Sawangan. Dengan berbekal 12 area pusat jeram yang berada di sungai Sawangan, pastilah menambah keseruan saat bermain olahraga menantang yang satu ini. 

Atraksi-atraksi dari gempuran gelombang air pun akan sangat mengasyikan jika disandingkan dengan teriakan-teriakan para pemburu jeram. Bagi kamu yang ingin berlibur ke wisata Arung Jeram Sawangan ini tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena pihak wisata biasanya telah menyertakan fasilitas makan siang dalam setiap paket rafting yang dijual. 

47. Taman Margasatwa Tandurusa 


Lokasi : Tandurusa, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 08.00 - 19.00 
HTM : Rp.10.000 
Penginapan Terdekat : Nalendra Kharisma Hotel, Hotel Bahari Family. 
Telepon : 0878-2496-1611 

Ingin melihat hewan endemik di Sulawesi?, kunjungi saja Taman Margasatwa Tandurusa. Tempat wisata di Sulawesi Utara ini cocok bagi kamu yang ingin menyaksikan hewan endemik secara langsung tanpa susah-susah mendaki ke hutan. 

Di taman ini ada beberapa hewan endemik seperti Tarsius, burung Maleo, kera dan sebagainya. Tarsius adalah monyet ikon Sulawesi Utara dengan ukuran yang sangat kecil antara 10 - 15 cm. 

Meski berukuran kecil, taman ini menawarkan koleksi binatang yang langka seperti kakatua hitam, elang laut, kuskus bear dan masih banyak lagi. Tidak hanya wisatawan domestik saja, wisatawan mancanegara ternyata juga banyak yang penasaran dengan fauna endemik di Sulawesi Utara. 

48. Taman Nasional Tangkoko 


Lokasi : Bitung Utara, Batuputih Atas, Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 07.00 - 17.00 
HTM : Rp. 150.000 
Penginapan Terdekat : Tangkoko Lodge, Tangkoko Guesthouse, Tangkoko Sanctuary Villa 
Telepon : 0853-4016-7411 

Taman Nasional Tangkoko menjadi habitat bagi hewan endemik Sulawesi Utara, yaitu monyet hitam yang khas dengan jambulnya. Hal yang menarik, monyet hitam ini hanya bisa ditemui di dua negara, yaitu Indonesia dan Filipina. Waow! 

Selain monyet hitam, ada juga tarsius, 180 jenis burung, 26 jenis mamalia dan 15 jenis reptil. Adanya beberapa hewan endemik yang terbilang langka itu, tak heran banyak juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Taman Nasional Tangkoko ini. 

49. Dodoku Aer Konde Ratahan 


Lokasi : Wawali Pasan, Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 06.00 - 18.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Hotel & Kost Uta Rengke. 

Meski dulunya kurang populer, wisata alam ini lumayan fenomenal di Sulawesi Utara karena pemandangannya yang sangat mempesona. Dodoku Aer Konde merupakan mata air jernih yang ada di pinggiran hutan. Meski hanya sungai, tempat wisata di Sulawesi ini sangat mempesona. 

Konon, tempat ini dinamakan Aer konde karena dulu ada seorang wanita yang menemukan tempat tersebut, kemudian ikat konde yang dipakainya lepas. Bagi kamu yang ingin merasakan kesegaran di tempat yang masih alami, coba untuk berkunjung ke tempat wisata ini guys! 

50. Batu Dinding Kilo 3 Amurang 


Lokasi : Buyungon, Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 08.00 - 12.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Sheira Villa & Restaurant. 
Telepon : 0823-4754-4077 

Suka tantangan?, coba lah mencoba sensasi panjat tebing di Batu Dinding Kilo 3. Tebing alami yang menjulang tinggi sekitar 90 meter ini dikenal sebagai surganya pecinta panjat tebing. Bahkan disebut-sebut sebagai jalur pemanjatan tersulit di Sulawesi Utara. 

Ada beberapa jalur panjat di tebing ini seperti Rute Ofu, Rute Laba-laba, Rute Anjing Gantung, Rute Berenang, Rute Teri, Rute Tragedi, Rute Malaria dan Rute Ratapan. 

Namun bukan hanya dicintai pecinta panjat tebing, tempat wisata di Sulawesi Utara ini juga tak kalah menarik untuk dipandang dan dieksplor, karena lokasinya yang asri dan sejuk. Tak jauh dari Batu Dinding, akan ditemui Sungai Ranoyapo yang sering dipakai untuk Arung Jeram. Wah... habiskan adrenalinmu disini guys! 

51. Hutan Pinus Lahendong 


Lokasi : Jalan Lahendong, Lahendong, Tomohon Selatan, Lahendong, Tomohon Sel., Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 09.00 - 18.00 
HTM : Rp. 20.000 (domestik) ; Rp. 30.000 (asing). 
Penginapan Terdekat : Greenlake Bungalow Linow, Wale Tua'na 

Sulawesi Utara juga memiliki wisata yang hangat, yaitu Hutan Pinus Lahendong alias objek wisata panas bumi. Di tempat ini terdapat kolam-kolam dan kubangan lumpur luas dengan beberapa gundukan dan tanah beruap. Sehingga, siapapun harus berhati-hati saat mengunjungi tempat ini. 

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga bisa untuk bersantai ria. Hutan Pinus Lahendong menyediakan spot foto yang indah, danau buatan dan pemandian air panas. Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti cafe, gazebo dan kamar mandi air panas. 

Jika mengunjungi tempat wisata di Sulawesi Utara ini, jangan lupa ikuti papan petunjuk yang terpasang ya guys!. Jangan sampai kamu tercebur ke lumpur panas atau area yang berbahaya lainnya. 

52. Waruga Sawangan 


Lokasi : Sawangan, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 
Buka / Tutup : 09.00 - 17.00 
HTM :
Penginapan Terdekat : Minahasa Bed & Breakfast 
Telepon : 0821-5912-4002 

Waruga Sawangan adalah situs peninggalan sejarah berupa kubur batu yang dimiliki masyarakat Minahasa. Di tempat ini, ada sekitar 144 waruga dengan berbagai bentuk yang bisa ditemui. 

Meski kubur batu, tempat wisata di Sulawesi Utara ini jauh dari kata menyeramkan. Suasana alam yang indah, sejuk dan jajaran waruga yang unik, akan membuat siapapun betah berlama-lama disini. 

Tak jauh dari kompleks Waruga, ada rumah adat Minahasa yang difungsikan sebagai museum. Disini kamu bisa melihat peninggalan zaman dahulu seperti alat makan, perhiasan hingga alat perang. Pilih kemana dulu hayo? 

53. Gardenia Country Inn 


Lokasi : Jl. Kawiley, Kakaskasen Dua, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 24 jam 
Penginapan Terdekat : Lokon Inn, Alamanda Lokon Resort. 
Telepon : (0431) 351282 

Gardenia Country Inn sebenarnya bukan tempat wisata, tetapi restoran dan resort dengan konsep alami yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Bangunannya berada di tengah taman cantik yang penuh dengan bunga. Namun yang paling mengagumkan, adanya Gunung Lokon yang berdiri gagah nan jauh disana. 

Disini, kamu bisa menginap di bungalow dan kamar yang seluruhnya terbuat dari kayu, sekaligus menyantap makanan organik dari kebun sendiri. Adanya berbagai tanaman mulai tanaman bunga hingga tanaman sayur, membuat suasananya semakin sejuk dan indah. 

Setiap tahun Tomohon menggelar Tomohon International Flower Festival yang didatangi ribuan wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi, jangan sia-siakan waktumu untuk menginap di resort alami ini ya! 

54. Welu Cafe & Restaurant 


Lokasi : Woloan Satu Utara, Tomohon Bar., Kota Tomohon, Sulawesi Utara 
Buka / Tutup : 10.00 - 22.00 
HTM : Rp. 5.000 
Penginapan Terdekat : Wale Tua'na, Panorama House. 
Telepon : 0896-9833-6837 

Cafe unik ini menawarkan konsep berfoto yang banyak diburu kaum milenial. Lokasi strategis yang ada di Puncak Desa Woloan Satu Utara, disini menawarkan spot foto dengan pemandangan alam dari ketinggian. Latar belakang pemandangan Gunung Lokon menjadi ikon selfie di tempat ini. 

Kamu yang hobi nongkrong asyik, cobalah datang ke cafe ini. Cafe yang memiliki suasana asri dan sejuk ini cocok untuk refreshing maupun bercengkrama sambil menikmati hidangan pilihan. 

Itu adalah wisata di Sulawesi Utara yang populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara yang bisa kamu pilih untuk menamani liburanmu. So, mana yang masuk daftar favoritmu?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel